IMPLEMENTASI PAMERAN FOTOGRAFI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v1i2.610Abstract
Pameran fotografi yang diselenggarakan menyajikan produk foto-foto berbasis project based learning dengan harapan mahasiswa mampu mengembangkan karir dengan baik sesuai dengan keahliannya. Tujuan penelitian ini adalah; (1) mendeskripsikan implementasi pameran fotografi berbasis project based learning, (2) mengetahui ketercapaian hasil implementasi pameran fotografi berbasis project based learning, (3) mengidentifikasi kendala implementasi pameran fotografi berbasis project based learning. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Penentuan sumber data menggunakan metode sampel bertujuan (purposive sampling). Keabsahan data yang diperoleh dari penelitian ini maka digunakan data triangulation, dimana peneliti menggunakan beberapa sumber data yang sama. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini melalui cara; (1) reduksi data, yaitu merupakan proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penyederhanaan, pengabstrakan dan transformasi data kasar yang diperoleh di lapangan, (2) penyajian data, yaitu dengan menyajikan berbagai informasi yang diseleksi dalam rangka penarikan kesimpulan, (3) verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan Bentuk pameran yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknologi Pendidikan adalah Pameran Fotografi dengan tema “Pendidikan dan Kearifan Lokalâ€. Fungsi pameran fotografi yang dilaksanakan prodi Teknologi Pendidikan adalah sebagai sarana apresiasi, komunikasi, fungsi edukasi, rekreasi, prestasi, motivasi dan berorganisasi bagi mahasiswa Teknologi Pendidikan, civitas akademika, dan masyarakat.
Kata kunci : Pameran, Fotografi, Project Based Learning.
References
Akbar Zaelani. 2011. Pameran. Modul Metode dan Teknik Penyuluhan Perikanan (belum dipublikasikan)
Bandi Sobandi. 2008. Model Pembelajaran Kritik dan Apresiasi Seni Rupa. Maulana Offset: Solo.
Edi Mulyanta. 2007. Teknik Modern Fotografi Digital. Yogyakarta: Andi Offset.
Eko Putro Widoyoko. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: pustaka Pelajar
H.B. Sutopo. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.
Iqbal Hasan. 2010. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemdikbud. 2014. Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 tahun ajaran 2014/2015: Mata pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Lexy J Moleong. 2010. Metodologi penelitian Kualitatif. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.
Made Wena. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Made Wena. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. PT Bumi Aksara: Jakarta.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.
R. Mursid. 2012. Penerapan Model Project-Based (Berbasis Proyek) dan Motivasi Kerja Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Teknologi. Jurnal Teknologi Pendidikan. Volume 14 Nomor 1 Edisi April. Halaman 61-73. Jakarta: PPs. UNJ.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)