PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI TINJAU DARI MOTIVASI BERPRETASI
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v1i2.612Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPS dan motivasi berprestasi. Penelitian ini menggunakan rancangan The Posttest-Only Control Group Design dengan melibatkan sampel sebanyak 80 orang siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan ANAVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data, yaitu kuesioner motivasi berprestasi dan tes hasil belajar IPS. Hasil analisis data sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan kelompok siswa yang mengikuti model konvensional (Fhitung=5,052>Ftabel=3,960). Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS (Fhitung=0,019<Ftabel=3,111). Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi (Qhitung=11,3>Qtabel=2,95). Keempat, terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang mengikuti model konvensional pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah (Qhitung=10,9>Qtabel=2,95).
Kata kunci : Kooperatif Learning, Jigsaw, IPS.
References
Adri,NiKetut,Implementasi pembelajaran Tematik Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Hasil Belajar Calistung Siswa Kelas III SD No.3 Bungkulan,Tesis,Programpascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2009
Anonim, Kurikulum, IPS SMP (2004). Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Pendidikan Dasar dan menengah, Jakarta
Artama, A. I. M. 2012. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS kelas VIII di SMPN 1 Mendoyo . Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 8 (3).
Aseany,Luh Kadek Agung, 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Hasil Belajar Biologi ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kuta). Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 8 (3).
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP
Candiasa,I Made. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Petunjuk Analisis dengan SPSS. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Dantes, Nyoman. 2008“Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Tematik Dalam Kaitan dengan Implementasi KTSPâ€, Makalah, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
Dantes. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta; Andi.
.......,2003b. Ketentuan Umum Pengembangan Sistem Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kompetensi Siswa SMP. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Lasmawan, Wayan. 2010. Menelisik Pendidikan IPS dalam Perspektif Kontekstual-Empiris. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.
Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga.
Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjiono, Anas. 1995. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono,2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono,2012.Statistik untuk Penelitian . Bandung :Alfabeta
Slameto. 1989. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Bina Aksara.
Suparno, As. 2001. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Syamsuddin. 1996. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)