Pengembangan Metode Belajar Multimedia Dalam Menyampaikan Materi Geografi di Kelas (Studi: Pelatihan Guru Geografi)

Authors

  • Umikurnia Umikurnia
  • Herpratiwi Herpratiwi Universitas Lampung, Indonesia
  • Sugeng Widodo Universitas Lampung, Indonesia
  • Muhammad Nurwahidin Universitas Lampung, Indonesia
  • Riswandi Riswandi Universitas Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6443

Keywords:

Metode Belajar, Multimedia, Materi Geografi

Abstract

Pendidikan sebagai suatu sistem terbuka tidak lepas dari masalah, baik masalah mikro ataupun masalah makro. Munculnya media-media pembelajaran berbasis digital seyogyanya memberikan kemudahan bagi guru dalam merancang metode pembelajaran menarik, menyenangkan dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam proses belajar mengajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan merancang suatu  program pelatihan multimedia pembelajaran kepada guru geografi khusunya dalam memberikan pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ADDIE, melalui 3 tahap pelaksanaan, yaitu tahap I pembekalan, tahap II praktek pembuatan multimedia, tahap ke III evaluasi dengan menyebarkan angket dan analisis interval. hasil penelitian Berdasarkan 5 pemateri yang mengusung berbagai multimedia pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa multimedia dapat di integrasikan dalam semua bidang pembelajaran, tak terkecuali mata pelajaran Geografi Hasil evaluasi berkaitan dengan simulasi pelaksanaan pelatihan multimedia pembelajaran dari 25 responden menyatakan bahwa membutuhkan pelatihan dengan skor 8,20% yang artinya keseluruhan peserta sangat

Author Biography

Umikurnia Umikurnia

Magister Teknologi Pendidik

References

Altıparmak, K. (2014). Impact of Computer Animations in Cognitive Learning: Differentiation. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 45(8), 1146–1166.

Islami, M., & Soekamto, H. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Menggunakan Quizizz Multimedia Berbasis Gamification terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa | Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. 5, 383–392. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/48338

Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. ., 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33

Marjuni, A., & Harun, H. (2019). P  194. III(2), 194–204.

Masfingatin, T. (2013). Proses berpikir siswa sekolah menengah pertama dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari adversity quotient. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 2(1).

Mulia, H. R. (2020). Pelatihan Mendesain Pembelajaran Berbasis Multimedia di Kalangan Guru MIN 11 Aceh Tenggara. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 84–91. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7602

Mutmainnah. (2013). Media Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif, 9(2), 87–91.

Mutu, M., & Profesionalisme, D. A. N. (2017). IDENTIFIKASI PERMASALAHAN PENDIDIKAN DI INDONESIA UNTUK. May.

Saputra, H. (2019). Digital Dan Pengantar Sinematografi : Buku Ajar Yang Bercerita. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5, 232–246. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/483

Published

2023-04-20

How to Cite

Umikurnia, U., Herpratiwi, H., Widodo, S., Nurwahidin, M., & Riswandi, R. (2023). Pengembangan Metode Belajar Multimedia Dalam Menyampaikan Materi Geografi di Kelas (Studi: Pelatihan Guru Geografi). Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 480–487. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6443

Issue

Section

Articles

Citation Check