Strategi Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Keterampilan Civic Disposition Siswa

Authors

  • Zulaikah Zulaikah Magister Teknologi Pendidikan Universitas Lampung, Indonesia
  • Muhammad Nurwahidin Universitas Lampung, Indonesia
  • Dwi Yulianti Universitas Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6444

Keywords:

Strategi flipped classroom, civic disposition, mata pelajaran PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Civic Disposition siswa pada pembelajaran PKn kelas XI SMA Qur'an Darul Fattah. Upaya dalam penelitian ini digunakan strategi kuantitatif dengan menggunakan teknik dan desain penelitian kuasi-eksperimental yaitu one group time series design. Tes berbentuk deskripsi dengan masing-masing 10 pertanyaan dijadikan sebagai instrumen penelitian. Dengan jumlah sampel 30, Purposive sampling adalah pendekatan pengambilan sampel. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan teknik flipped classroom learning dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas XI. tentang harmonisasi hak dan kewajiban dari perspektif Pancasila efektif dalam meningkatkan disposisi kewarganegaraan pada bidang-bidang yang perlu dikembangkan, antara lain: aspek keadaban, disiplin diri, keterbukaan pikiran, dan toleransi terhadap keragaman. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai tes civic disposition, yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara dua periode sebelum dan sesudah penggunaan ilmu tentang metode pembelajaran flipped classroom.

Author Biography

Zulaikah Zulaikah, Magister Teknologi Pendidikan Universitas Lampung

Universitas Lampung

References

Azra, Azyumardi. 2015. Pancasila Demokrasi dan Pencegahan Korupsi. Jakarta: Prenamedia Group

Bergman, J., A. Sams. 2012. Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. United States: The International Society

Budi Mulyono.2017. Reorientasi civicdisposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Jurnal Civics 14 (2) hlm. 218-225.

Gultom, A. F., & Reresi, M. (2020). Kritik Warga Pada Ruu Omnibus Law Dalam Paradigma Critical Legal Studies. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 38-47. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i1.8497.

Irawati, E., & Susetyo, W. (2017). Implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Di Blitar. Jurnal Supremasi, 3.

Mulyono, B. (2017). Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), 218.

Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2022). Nasionalisme Warga Muda di Era Globalisasi: Pendidikan Kewarganegaraan di Perbatasan. Jurnal Kewarganegaraan, 19(1), 66–75. https://doi.org/10.24114/jk.v19i1.33214

Pangalila. T, 2017. Peningkatan Civic Disposition Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 7 ( 1 ). hlm. 91-103

Widiatmaka, P. 2016. Kendala Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Peserta Didik di dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Civics .13 (2) hlm. 188-198

Yulietri.F, dkk. Agung Pascasarjana UNS, (2015). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Teknodika Volume 13, No 2.

Published

2023-04-20

How to Cite

Zulaikah, Z., Nurwahidin, M., & Yulianti, D. (2023). Strategi Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Keterampilan Civic Disposition Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 318–326. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6444

Issue

Section

Articles

Citation Check