Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Think Pair Share pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1122Keywords:
Pembelajaran, Kimia Organik, SETSAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi melalui
pembelajaran kooperatif metode Think Pair Share pada siswa kelas sembilan SMAN 3 Mataram. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kooperatif metode Think Pair Share memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas sembilan Ilmu Sosial di SMAN 3 Mataram, di mana terdapat peningkatan pada siswa Skor standar pada setiap siklus yaitu siklus I (33,33%), siklus II (66,66%), dan siklus III (93,33%).
Â
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran mata pelajaran ekonomi melalui
metode kooperatif think pair share pada siswa kelas XI di SMAN 3 Mataram. Metode penelitian
ini menggunakan metode penelitian kelas dengan dua siklus. Instrumen pengumpulan data
menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif
kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif Think Pair Share memiliki pemikiran positif dalam meningkatkan pembelajaran siswa di kelas XI IPS-1 di SMA Negeri 3 Mataram yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus I (33,33%), siklus II (66,66%), dan siklus III (93,33%).
References
Ali Muhammad, 2004. Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru
Albensindo, Bandung Isjoni, 2007, Cooperatf Learning. Alfabeta,
Bandung
Mulyasa. E. 2006. Kurikulum Yang Disempurnakan “ Pengembangan
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasarâ€. PT.Remaja Rosdakarya.
Bandung.
Nasution. S.2005. Berbagai Pendekatan Dalam proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Nur, dkk. 1997. Pembelajaran Kooperatif. Pusat Sains dan Matematika Sekolah. Program Pascasarjana UNESA, Surabaya.
Nurhayati B, & Lukman Wellang Sappe, 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jurusan Ekonomi FMIPA UNM Makasar.
Popham W. James, Eval, Baker. 2005. Teknik Mengajar Secara Sistematik. Rineka Cipta.Jakarta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya Rineka Cipta. Jakarta
Syafrudin dan Nasution Irwan. 2005. Manajemen Pembelajaran Quantum Teaching. Jakarta
Ubana M & Sudrajat. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Pustaka Setia.
Bandung Wiriaatmadja Rochiati. 2007. Model Penelitian Tindakan Kelas Untuk meningkatkan kinerja guru dan Dosen. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing AgreementIn submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Authors who publish with JK agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.