Penerapan Terapi Cobra untuk Merubah Karakter Siswa SMAN 7 Mataram

Authors

  • Tri Sari Wijayanti SMAN 7 Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1132

Keywords:

Terapi Cobra, Karakter Siswa.

Abstract

Abstract: Character is inherent and formed in someone. To change the characters, it requires a process. The
high school level education psychologically can be claimed as education in changes that is quite heavy. The
limited number of teachers compared to the number of students, social interaction and situational time had
been very possible to be the cause. The implementation of Cobra Therapy (Joint Example of Behaviour
Regulation) applied had been in accordance with CBT Methods i.e. an approach to the root of cognitive
therapy (persuasion, challenging, debate, hypothesizing, cognitive restructuring, and internal debate). The
results of the study obtained that the COBRA therapy program compiled and implemented was as a form of
coaching efforts that were more intensive and specific to students who had the problems. The implementation of COBRA therapy at SMAN 7 Mataram was very effective as an alternative problem solving for students in improving the character education.

 

Abstrak: Karakter memang sudah melekat dan terbentuk pada diri sesorang. Untuk merubahnya memerlukan proses. Pendidikan pada jenjang SMA, secara psikologis dapat dikatakan sebagai pendidikan pada perubahan yang cukup berat. Terbatasnya jumlah guru dibandingkan dengan jumlah siswa, waktu interaksi dan situasional sosial sangat dimungkinkan sebagai penyebabnya. Pelaksanaan Terapi Cobra (Contoh Bersama Regulasi Ahklak) yang diterapkan sesuai dengan CBT Methods yaitu teknik pendekatan dengan akar terapi kognitif (persuasion, challenging, debate, hypothesizing, cognitive restructuring, and internal debate). Hasil yang didapatkan bahwa program terapi COBRA yang disusun dan dilaksanakan sebagai bentuk upaya pembinaan yang lebih intensif dan spesifik terhadap siswa-siswa yang bermasalah. Pelaksanaan terapi COBRA di SMA Negeri 7 Mataram sangat efektif sebagai alternatif pemecahan masalah siswa dalam meningkatkan pendidikan karakter

References

Hermawan, A.H. 2009. Persepsi Pasien Tentang Pelaksanaan Komunikasi Terapiutik Perawat dalam Asuhan Keperawatan Pada Pasien di Unit Gawat Darurat RS. Mardi Rahayu Kudus.

Diakses melalui http://eprints. undip.ac.id/10473/1/ARTIKEL.pdf,

tanggal 12 September 2016

Khoirotur. R 2012. Pengaruh Sosialisasi Siswa Dengan Guru dan Persepsi Siswa Terhadap Motivasi Belajar. Abstrak Tesis IAIN Walisongo. Diakses melalui http://eprints.walisongo.ac.id tanggal

September 2016

Meliala, A. 2010. Antara Menghukum atau Mempermalukan

Suatu Upaya Memodifikasi Perilaku. Jurnal Universitas Indonesia

Diakses melalui http://journal.ui.ac.id/index.php/hum

anities/article/viewFile/94/90 tanggal 18 September 2016

Purwanto, MA. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar SMK Nasional Berbah Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal UNY. Diakses melalui http://eprints.uny.ac.id/10366/1/jurna

l%20ilmiah.pdf tanggal 18 September 2016

Rihadini, M. 2012. Pengukuran Kefektifan Organisasi. Diakses

melalui http://repository.unhas.ac.id/bitstrea m/handle/123456789/1672/BAB%20 II.pdf?sequence=2 tanggal 12

September 2016.

Suwardi, DR. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kelas XII di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Diakses melalui

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/viewFile/667/650

tanggal 19 September 2016

Downloads

Published

2018-09-26

How to Cite

Sari Wijayanti, T. (2018). Penerapan Terapi Cobra untuk Merubah Karakter Siswa SMAN 7 Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 4(2), 206–214. https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1132

Issue

Section

Articles

Citation Check