Analisis Arah Kebijakan Sekolah Terhadap Penggunaan Gawai Android dalam Aktivitas Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3323Keywords:
School Policies, Android Smartphone, Teachers, Students, Covid-19 Pandemic.Abstract
References
Abadi, M., R. (2015). Hubungan Mengakses Pornografi Melalui Fasilitas Handphone Dengan Perilaku Seksual Remaja Usia 16-19 Tahun Di SMK Muhammadiyah 2 Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131-146
Alfiah, L. N., Rokhim, D. A., & Wulandari, I. A. I. (2020). Analisis Dampak Anjuran Pemerintah terhadap Belajar di Rumah bagi Pelaku Pendidikan. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 216-223
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282-289
Daulay, R. S., Pulungan, H., Noviana, A., & Hurhaliza, S. (2020). Manfaat Teknologi Smartphone dalam kegiatan Pembelajaran Pendidikan Islam Di Masa Pandemi Corona-19. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).
Fadilah, A. (2011). Pengaruh Penggunaan Alat Komunikasi Handphone (HP) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMP Negeri 66 Jakarta Selatan. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Fahrina, A., Amelia, K., & Zahara, C. R. (Eds.). (2020). Minda Guru Indonesia: Pandemi Corona, Disrupsi Pendidikan, dan Kreativitas Guru (Vol. 153). Syiah Kuala University Press
Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., ... & Hastuti, P. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis
Hasanah, N., & Kumalasari, D. (2015). Penggunaan Handphone dan Hubungan Teman Pada Perilaku Sosial Siswa SMP Muhammadiyah Luwuk Sulawesi Tengah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS Volume 2, No 1, Maret 2015 (55-70)
Hasanah, U., Hijrianti, U. R., & Iswinarti, I. (2020). PENGARUH SMARTPHONE ADDICTION TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA. Proyeksi: Jurnal Proyeksi, 15(2), 182-191.
Indrawan, I. (2015). Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Deepublish
Irawan, A. W., Dwisona, D., & Lestari, M. (2020). Psychological Impacts of Students on Online Learning During the Pandemic COVID-19. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 7(1), 53-60
Limbong, M., Ali, S., Rabbani, R., & Syafitri, E. (2020). POLA INTERAKSI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGENDALIKAN EMOSIONAL SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MTS ISLAMIYAH MEDAN. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 44-55.
Mappiare-AT, A. (2009). Dasar-Dasar Metodologi Riset Kualitatif: Untuk Ilmu Sosial dan Profesi. Malang: Penerbit Jenggala Pustaka Utama, Fakultas Ilmu Pendidikan UM Malang.
Mappiare-AT, A. (2013). Tipe-Tipe Metode Riset Kualitatif: Untuk Eksplanasi Sosial Budaya dan Bimbingan Konseling. FIP Malang: Elang Mas Bersama Prodi BK
Mariani, A., & Bachtiar, I. (2010). Keterpaparan Materi Pornografi dan Perilaku Seksual Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri. Makara, Sosial Humaniora, Vol. 14, No. 2, Desember 2010: 83-90
Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 5(2), 102-109
Ningrum, Y. H., Apriyani, D. D., & Zikriah, Z. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Mengenal Asmaul Husna Berbasis Android. Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(04).
Nurmalasari., & Wulandari, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Tingkat Prestasi Siswa SMPN Satu Atap Pakisjaya Karawang. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer VOL. 3. No. 2 Februari 2018
Pinastika, F., D., P. (2016). Kebijakan Sekolah Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di SMK Perindustrian Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi 3 Vol. V Tahun 2016
Palupi, Y., & Wates, P. P. I. P. (2015). Digital parenting Sebagai Wahana Terapi Untuk Menyeimbangkan Dunia Digital Dengan Dunia Nyata Bagi Anak.
Putra, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 1-10.
Pribowo, F. S. P. (2020, May). PERSEPSI GURU SD MUHAMMADIYAH TERHADAP PENGGUNAAN GAWAI DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS. In PROCEEDING.
Purnomo, H., Mansir, F., Tumin, T., & Suliswiyadi, S. (2020). Pendidikan Karakter Islami Pada Online Class Management di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 91-100.
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.
Raihani. (2010). Kepemimpinan Sekolah Transformatif. Yogyakarta : LkiS
Rinaldi, R., Nurdin, N., & Kaharuddin, K. (2019). Belenggu Produk Modernisasi Terhadap Disparitas Siswa (Studi Kasus Penggunaan Handphone di SMA Muhammadiyah Sungguminasa). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 7(1), 151-157.
Riyana, C., & Pd, M. (2020). Konsep pembelajaran online. Modul Pembelajaran On-Line, 1.
Ramdani, A., Jufri, A., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924
Setianingsih, E. S. (2019). GADGET “PISAU BERMATA DUA†BAGI ANAK?. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) (Vol. 1, No. 1, pp. 397-405).
Suardi, Megawati, & Hasnah, K. (2018). Pendidikan Karakter di Sekolah (Studi Penyimpangan Siswa di Mts Muhammadiyah Tallo. Jurnal Etika Demokrasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 3 Januari No. 1 2018
Sulistri, E., Sunarsih, E., & Utama, E. (2020). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Etnosains di Sekolah Dasar Kota Singkawang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 522-531. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2842
Sumardianta, J., & Aw, W. K. (2018). Mendidik Generasi Z dan A. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Supriyanto, A. (2020). DAMPAK HANDPHONE BAGI PENDIDIKAN DI INDONESIA KHUSUSNYA ANAK ANAK. In Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19.
Ula, D. M. (2019). Makna Smartphone Bagi Pelajar. MAHARSI, 1(01), 39-53.
Utami, A. N. (2019). Dampak negatif adiksi penggunaan smartphone terhadap aspek-aspek akademik personal remaja. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(1), 1-14.
Wulandari, K. D., Puspita, S., Rustanti, E., & Aryani, H. P. (2019). HUBUNGAN PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN KETAJAMAN PENGLIHATAN PADA PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 4 KEDUNGBETIK KESAMBEN. Media Pendidikan Keperawatan, 1(3), 29-43
Wuryandani, W., Fathurrohman, F., & Ambarwati, U. (2016). Implementasi pendidikan karakter kemandirian di Muhammadiyah Boarding School. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing AgreementIn submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Authors who publish with JK agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.