Analisis Implementasi Pembelajaran Daring Pada Masa New Normal (Studi Kasus di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi FKIP UKSW Salatiga)
DOI:
https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3839Keywords:
Implementation, Online Learning, New Normal.Abstract
References
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131-146.
Astuti, P.,& Febrian, F.(2019). Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal Gantang, 4(2), 111-119.
Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 300-309.doi:https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475
CNN Indonesia. 2020. 65 Kampus Kuliah dari Rumah, Sultan Yogyakarta Ragukan Efektivitas. Diunggah pada 16 Maret 2020. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200316110707-20-483756/65-kampus-kuliah-dari-rumah-sultan-yogya-ragukan-efektivitas (Di akses pada 4 Juni 2020 pukul 00.54).
Dewi, S. N. (2020). Dampak Covid19 Terhadap Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 12(2), 87-93.
Fahrudin, A., & Fauziah, A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Kemampuan Literasi, Keaktifan, dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Sains dalam Al-Qur’an di IAIN Tulungagung. EDUDEENA: Journal of Islamic Religious Education, 4(2), 95-105.
Fitrah, Muh., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165-175. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654
Hardianto, D. (2012). Karakteristik Pendidik dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Online. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2), 1-10.
Hariyanti, D., Mun'im, A. H., & Hidayat, N. (2020). Identifikasi hambatan mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring selama pandemi covid-19 di kabupaten jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 11-21.
Ismail, Muhammad. I.(2020). Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Depok: Rajawali Pers.
Kemdikbud. 2020. SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se- mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19 (Diakses: 20 Februari 2021, pukul: 15.44 WIB).
Kemkes.“Tentang Novel Coronavirus (NCOV)â€. https://www.kemkes.go.id/download.php?file=download/info-terkini/COVID- 19/TENTANG%20NOVEL%20CORONAVIRUS.pdf. (Diakses pada 03 Juni 2020 pukul 21.37).
Muis, M. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah: Teori dan Penerapannya. Gresik: Caremedia Communication.
Munawaroh, Isniatun.(2012). Esensi “Menghidupkan†Ruang Kelas BagipenyelenggaraanPembelajaran Efektif. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran.
Mutia, I.,& Leonard, L.(2013). Kajian penerapan e-learning dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Faktor Exacta 6(4), 278-289.
Priyono, P. K.,Rusyani, Y., & Hartono, B. (2021). Jurnal Kesiapan Mahasiswa pada Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Saat Pandemi Covid-19 di STIKES Duta Gama Klaten. Jurnal Ilmu Kesehatan STIKES DUTA GAMA KLATEN,13(1),1-6.
Purba, R. A, dkk.(2020). Pengantar Media Pembelajaran. Penerbit: Yayasan Kita Menulis.
Purba, S., dkk. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan. Penerbit: Yayasan Kita Menulis.
Rektor UKSW. (2020). Surat Edaran RektorNo. 148/Rek./3/2020 Tanggal 16 Maret 2020 Tentang Penyesuaian Pelaksanaan Kegiatan Perkuliahan dan Kemahasiswaan Berkaitan dengan Pandemi Covid 19.
Rohmawati, Afifatu. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15-32.
Sanjaya, Ridwan. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang: SCU Knowledge Media.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA,cv.
Sutono, A. (2020). Pariwisata dan Ketahanan Nasional. Bandung: UPI Press.
Utami, Rosanita T., dkk. 2021. New NormalEra dalam Berbagai Aspek Kehidupan.Yogyakarta: Zahir Publishing.
Wulandari, M. A., Arga, H. S.P., Kelana, J. B., Altaftazani, D. H., Ruqoyyah, S. (2020). Analisis pembelajaran “daring†pada guru sekolah dasar di era covid-19. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 164-168.
Yanti, F. A., Mundlilarto, dan Heru. K. (2019). Teori dan aplikasi model cooperative research project based learning di perguruan tinggi. Yogyakarta: CV. Gre Publishing.
Yuliani, Meda., dkk. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Penerbit: Yayasan Kita Menulis.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing AgreementIn submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Authors who publish with JK agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.