A Discovery on the Impact of Process Based Approach Towards Collage Students’ Ability of Writing English Paragraph

Authors

  • Dira Permana Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FPBS IKIP Mataram, Indonesia
  • Siti Syafi’atul Qomariyah dira87permana@gmail.com, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jk.v2i1.427

Keywords:

Process based Approach, Paragraph Writing, Impact

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui masalah-masalah menulis paragraf berbahasa Inggris mahasiswa; (2) mengetahui langkah-langkah Pendekatan Berbasis Proses dalam menulis paragraf berbahasa Inggris; and (3) mengkaji apakah Pendekatan Berbasis Proses berbengaruh positif dan signifikan atau tidak terhadap kemampuan menulis paragraf berbahasa Inggris mahasiswa. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester empat yang tengah menempuh matakuliah Menulis jurusan pendidikan bahasa Inggris pada Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP Mataram tahun akademik 2016/2017 yang berjumlah 6 kelas dengan jumlah keseluruhan 174 mahasiswa. Sampel penelitian yaitu kelas IV-E dan IV-F dengan jumlah sampel sebanyak 58 mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan desain non ekuivalen kelompok kontrol pretest-posttest. Instrumen penelitian menggunakan penulisan paragraf narasi yang telah diuji validitas, reliabilitas, dan keterbacaannya. Data penelitian diperoleh dari hasil uji awal dan uji lanjutan penulisan paragraf narasi. Data penelitian selanjutnya dianalisa menggunakan analysis statistik descriptif dan inferensial menggunakan uji t dua sampel. Berdasarkan hasil uji statistik, diperoleh bahwa nilai rerata uji awal kelompok eksperimen adalah 58,01 dan nilai uji lanjut mencapai 70,34 sementara nilai rerata uji awal kelompok kontrol yaitu 55,97 dan nilai uji lanjut mencapai 68,79 dengan derajad kebebasan = 56. Hasil uji t menunjukkan nilai hitung (0,361) lebih rendah daripada nilai tabel (2,003) pada tingkat signifikansi 0,05 dengan derajad kebebasan =56. Hasil ini dapat diinterpretasikan bahwa penggunaan Pendekatan berbasis Proses dalam belajar menulis paragraf berdampak positif terhadap kemampuan menulis paragraf berbahasa Inggris mahasiswa, tetapi tidak signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Berbasis Proses berdampak

References

Belinda, Ho. (2006). The Effectiveness of Process Approach to Teach Writing in Six Hong Kong Primary Classrooms. Perspective: Working Papers in English and Communication, 17 (1) spring. City University of Hong Kong.

Brown, D. (2003). Language Assessment: Principle and Classroom Practice. London: Longman

Grow, Gerald. (1999). Seven Types of Paragraphs Development. PhD Division and Journalism A&M University: Florida

Kim, S., M. (2005). Genre-Based Approach to Teaching Writing. Asian EFL Journal, 33-40.

Montague, Nicole. (1995). The Process Oriented Approach to Teaching Writing to Second Language Learners, New York State for Bilingual education journal, p. 13-24, summer.

Onozawa, Chieko. (2010). A Study of the Writing Process Approach: A Suggestion for an Electric Writing Approach. Research note, N0.10

Oshima. A. & Hogue, Ann. (2006). Writing Academic English, Fourth Edition. New York: Pearson Education, Inc.

Rumney, L. (2003). Paragraph structure. Nessbitt-Johnston Writing Center Hamilton College Clinton, New York 13323. All rights reserved

Widodo, Handoyo P. (2008) Process-Based Academic Essay Writing Instruction in an EFL Context. Politeknik Negeri Jember, Bahasa dan Seni, Tahun 36, no 1, February 2008.

Downloads

Published

2016-03-26

How to Cite

Permana, D., & Qomariyah, S. S. (2016). A Discovery on the Impact of Process Based Approach Towards Collage Students’ Ability of Writing English Paragraph. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.33394/jk.v2i1.427

Issue

Section

Articles

Citation Check