Karakter Empati Dalam Konseling Teman Sebaya Pada Masa Remaja
DOI:
https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.897Keywords:
Karakter, Empati, Konseling, Remaja.Abstract
Masa remaja adalah masa yang sarat akan konflik atau masalah-masalah, baik itu masalah pribadi, sosial, akademik juga karier. Masalah-masalah ini perlu cepat ditanggapi dan dientaskan, karena apabila masalah-masalah ini dibiarkan berlarut-larut dan tidak dientaskan maka dapat menghambat remaja untuk berkembang dengan optimal menuju masa dewasanya. Selanjutnya, di dalam dunia pendidikan masalah-masalah remaja tersebut dapat diatasi dengan adanya layanan bimbingan konseling teman sebaya. Dimana layanan konseling teman sebaya ini dapat dilakukan jika siswa memiliki karakter empati. Karakter empati merupakan keterampilan dasar dalam menjalin hubungan sosial yang dapat diajarkan, dikembangkan dan dilatih. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk pembentukan karakter empati siswa melalui kegiatan konseling teman sebaya dengan metode yang digunakan adalah library research.
References
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI (2001). “Kamus Besar Bahasa Indonesiaâ€: Balai Pustaka. Jakarta
Hurlock, Elizabeth B (1980). â€Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupanâ€. Erlangga, Jakarta
Gunawan. H (2014). “ Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasiâ€. Alfabeta. Bandung
Hurlock. E. B. (1973). “Adolescent Development (Edisi, 4). Macgrow-Hill.Inc.Japan
Jhon W. Santrock (2002), “Life Span Development Perkembangan Masa Hidup; Edisi Kelima†Erlangga. Jakarta
Kan, P. V. (1996). “Peer Counselingin Explanationâ€. [Online].Tersedia:http://www.peercounseling.co m. Akses 7 Mei 2018
M Umar dan Ahmadi Ali (1992). “Psikologi Umumâ€. Bina Ilmu. Surabaya
Prasetiawan, H (2015). “ Konseling Teman Sebaya (Peer Konseling) untuk Mereduksi Kecanduan Game Onlineâ€. Jurnal Bimbingan dan Konseling
Piaget, Jean (1988). “Antara Tindakan Dan Pikiran,disunting oleh Agus Cremersâ€. PT.Gramedia, Jakarta
Suwarjo. (2008), “Konseling Teman Sebaya (Peer Counseling) untuk Mengembangkan Resiliensi Remajaâ€, Makalah Disampaikan dalam Seminar Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP UNY
Sari, P.N (2017). “ Pengembangan Modul Pelatihan Konseling Teman Sebaya untuk Anggota PMR di SMP Negeri 1 Banjarmasinâ€. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis KKNI, 4 – 6 Agustus 2017, Malang, Jawa Timur, Indonesia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing AgreementIn submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Authors who publish with JK agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.