Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Bahasa Inggris di SMAN 3 Mataram

Authors

  • Hudri Achmad SMKN 2 Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.900

Keywords:

Media Gambar, Kemampuan Menulis, Cerita Pendek

Abstract

Beberapa siswa mengalami permasalahan dalam melakukan kegiatan menulis meskipun hanya  menulis satu paragraf. Sehingga diperlukan satu media untuk memudahkan siswa dalam mengatasi permasalahannya. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis cerita pendek siswa dengan menggunakan pembelajaran media gambar di SMAN 3 Mataram. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian campuran yaitu kualitatif dan deskriptif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 (tiga) siklus. Dari hasil tindakanan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 27 %  pada Siklus I, dapat meningkat pada Siklus II menjadi 50% dan Siklus III mencapai 100%, dan secara klasikal telah mencapai ketuntasan.

References

Hamalik Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya Bakti

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus besar Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.

Sadiman. Arif. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Pradana Group.

Silberman Mel. 2009. Active Learning. Yogyakarta: YAPPENDIS (Yayasan Pengkajian dan Pengembanagan Ilmu-Ilmu Pendidikan Islam).

Suharjono Supardi. 2013. Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Andi Offset.

Usman, Uzer. 2003. Menjadi Guru Profesional. Jakarta : PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2018-03-22

How to Cite

Achmad, H. (2018). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Bahasa Inggris di SMAN 3 Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.900

Issue

Section

Articles

Citation Check