Penerapan Pembelajaran Kontekstual (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Mengidentifikasi Teks Drama di Kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Mataram)
DOI:
https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.901Keywords:
Pembelajaran Kontekstual, Teks Drama.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam menemukan dan menghubungkan antara materi pelajaran dengan kehidupan nyata. Agenda Drama Kelas dalam perayaan HUT SMAN 1 Mataram dijadikan sebagai waktu yang tepat dalam mempraktekkan metode CTL untuk pembelajaran “mengidentifikasi teks dramaâ€. PTK ini dirancang dalam dua siklus, selanjutnya diberikan uraian atas terapan kedua metode dan dianalisis dengan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode ceramah-diskusi diperoleh hasil belajar dengan rata-rata nilai 87,71 dan variasi nilai 1,99. Pada PTK siklus kedua diperoleh rata-rata nilai 94,09 dengan variasi 1,76. Hasil belajar dengan kedua metode tersebut tergolong sangat tinggi. Pada PTK siklus kedua mampu meningkatkan hasil belajar dan hasil semakin merata. Berdasarkan uji beda terbukti bahwa hasil belajar mengalami peningkatan yang singnifikan.
References
Adisoewignyo, W, 2008, Statistik Inferensial Ekonomi dan Bisnis, Mataram: Mataram University Press.
Arikunto, S., 2000. Manajemen Pengajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Beetlestone, F., 2011. Creative Learning; Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan Kreatifitas Siswa. Bandung: Nusa Media.
Bintari, R.P., dkk., 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik (Problem Based Learning) Sesuai Kurikulum 2013 di Kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Isjon, 2012. Pembelajaran Kooperatif; Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Joyce, B., et.al. 2008. Models of Teaching; Model-Model Pengajaran. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2015. Panduan Pelaksanaan Program Penelitian Tindakan Kelas Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta.
Kosasih, 2017. Bahasa Indonesia untuk Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Mufarokah, A., 2013. Strategi & Model-Model Pembelajaran. Tulungagung: STAIN Tulungagung Press.
Mulyati, Y., 2014. Hakekat Keterampilan Berbahasa. Jakarta.
Musfah, J., 2011. Peningkatan Kompetensi Guru; Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktek. Jakarta: Kencana.
Nasution, S., 2010. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurulhayati, S., 2002. Pembelajaran Koeperatif yang Menggairahkan. Wahana Informasi dan Komunikasi Pendidikan TK dan SD.
Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, W., 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sanusi, A., dkk., 1991. Studi Pengembangan Model Pendidikan Profesional Tenaga Kependidikan. Bandung: IKIP Bandung.
Sumarni, R. dan Sahat, A.A., 2005. Perlaksanaan Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual dan Keberkesanan Strategi Hibrid C-C di Sekolah Menengah Teknik. 1st International Malaysian Educational Technology Convention.
Slavin, R.E., 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Syah, M., 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Logos.
Trianto, 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Usman, U. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing AgreementIn submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Authors who publish with JK agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.