Strategi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pokok Bahasan Perlindungan dan Penegakan Hak Asasi Manusia dengan Model Active Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA-4 SMA Negeri 3 Mataram

Authors

  • Sitti Ramlah SMA Negeri 3 Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.906

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Active Learning, Hasil Belajar.

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model active learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penelitian tindakan kelas ini diadakan di SMAN 3 Mataram dengan model siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini yakni dari tiap siklus diperoleh pada siklus pertama nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa X MIA-4 SMA Negeri 3 adalah 74,85, pada siklus II menjadi 88,12. Sehingga dapat dikatakan model active learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Depdiknas. 2005. Pendidikan Kewarganegaraan, Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta : Depdiknas

Johnson DW & Johnson, R, T. (1991) Learning Together and Alone. Allin and Bacon : Massa Chussetts

Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar, Jakarta, P.T., Bumi Aksara

Sardiman, A.M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Suharsimi Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara

Team Pelatih Penelitian Tindakan. 2000. Penelitian Tindakan (Action Research), Universitas Negeri Yogyakarta

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang sistem

Downloads

Published

2018-03-22

How to Cite

Ramlah, S. (2018). Strategi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pokok Bahasan Perlindungan dan Penegakan Hak Asasi Manusia dengan Model Active Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA-4 SMA Negeri 3 Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 4(1), 98–102. https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.906

Issue

Section

Articles

Citation Check