Implementasi Pelatihan Lifeskill untuk Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Wanita Tuna Susila di Panti Sosial Karya Budi Rini
DOI:
https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.908Keywords:
Pelatihan, Lifeskill, Berwirausaha.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan implementasi pelatihan lifeskill bidang tata boga untuk meningkatkan motivasi berwiausaha wanita tuna susila dan (2) mendeskripsikan hasil dari penyelenggaraan program pelatihan lifeskill tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari pengelola program, instruktur dan warga belajar. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis model interaktif melalui tahapan reduksi data, display data, verifikasi & penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi pelatihan lifeskill bidang tata boga telah terselenggara dengan cukup baik, pengelola program menyelenggarakan kegiatan pelatihan dengan melalui tahapan manajemen program pelatihan seperti perencanaan pelatihan, pelaksanaan pelatihan, monitoring, evaluasi dan tindak lanjut. Dari keseluruhan kegiatan pelatihan warga belajar/peserta pelatihan dilibatkan dalam proses perencanaan sebagai bentuk meningkatkan partisispasi warga belajar dalam mensukseskan program pelatihan tata boga yang telah diselenggarakan; dan (2) Hasil penyelenggaraan program pelatihan lifeskill bidang tata boga yakni warga belajar memiliki motivasi untuk berwirausaha dan menguasai keterampilan dalam bidang tata boga serta pengelola panti memberikan modal bantuan usaha berupa alat-alat dapur atau fasilitas memasak yang berfungsi sebagai media pendukung bagi warga belajar untuk berwirausaha.
References
Anwar. 2006. Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung : Alfabeta
Ditjen PLS. 2003. Pedoman Penyelenggaran Program Pendidikan kecakapan Hidup (life skill) Pendidikan Nonformal. Jakarta : Dirjen PLS.
Mustofa, Kamil. 2010. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung : Alfabeta
Rizka, M. A., & Maskun, M. (2018). Pengaruh Pelatihan Tata Boga Terhadap Sikap Berwirausaha Warga Belajar di SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) Gerung Kabupaten Lombok Barat Tahun 2016. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 3(1).
Rizka, M. A., & Zulkipli, Z. (2017). Efektivitas Implementasi Pelatihan Keterampilan Kerja Dalam Meningkatkan Kompetensi Calon Tenaga Kerja. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 16(1).
Rizka, M. A. (2014). Evaluasi Implementasi Program Kursus Wirausaha Desa (KWD) untuk Mengatasi Pengangguran. Jurnal Kependidikan, 13(4), 369-381.
Sudjana, D. 2000. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung. Falah Production
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif R & B . Bandung: Alfabeta
Tim Broad Based Education. 2006. Pendidikan Kecakapan Hidup. Surabaya: Surabaya Intelectual Club (SIC).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing AgreementIn submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Authors who publish with JK agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.