MODEL KEPRIBADIAN BERKARAKTER DALAM QURAN DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.33394/jp.v5i1.2586Abstrak
Pada perkembangannya pendidikan mengalami dilema ideologis dan formalis yang berdampak pada munculnya paradoksalitas dan ambiguitas pada tataran impelemtentasi pendidikan karakter di satuan pendidikan. Permasalahan yang diajukan dalam tulisan ini adalah 1) Bagaimana model kepribadian berkarakter dalam Alquran; 2) Bagaimana tipe kepribadian berkarakter dalam Alquran; 3) Apa implikasi model dan tipe kepribadian berkarakter dalam pendidikan karakter;. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara teoritis model kepribadian dan tipe kepribadian berkarakter dalam Alquran dan bagaiman implikasinya bagi pendidikan karakter. Metode yang digunakan dalam kajian adalah studi pustaka. Data primer dalam kajian ini adalah Alquran dan sumber pustaka sebagai sumber primer. Hasil kajian ini adalah: 1) Model kepribadian berkarakter dalam Alquran adalah model kepribadian Robbanik, Angelik, Profetik, dan Insanik. Sedangkan tipe kepribadian yang tidak berkarakter adalah model kepribadian Satanik; 2) Tipe Kepribadian berkarakter dalam Alquran ada dua yaitu tipe kepribadian Nuris (pribadi yang bercahaya) dan tipe kepribadian Naris (pribadi yang gelap); 3) mplikasi model kepribadian berkarakter dalam pendidikan karakter adalah menjadikan model Robbanik, Angelik, Profetik, Insanik dan tipe kepribadian Nuris sebagai model karakter dan tipe kepribadian yang akan menjadi profil karakter anak. Sedangkan model kepribadian Satanik dengan tipe kepribadian Narisnya dijadikan sebagai musuh karakter anak.
Referensi
Abdul Mujib. 2006. Kepribadian dalal Psikologi Islam. Jakarta: Rajawali Press
Alwisol. 2014. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press
Baharuddin. 2007. Paradigma Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
KI Fudyartanta. 2012. Psikologi Kepribadian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Syamsu Yusuf & A. Juntika Nurihsan. 2013. Teori Kepribadian. Bandung: Rosdakarya
Yadi Purwanto, 2013. Psikologi Kepribadian: Integrasi Nafsiyah dan Aqliyah Perspektif Psikologi Islami. Bandung: Refika Abditama
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).