PENGAMBILAN KEPUTUSAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH DI MTS NW NURUL IHSAN TILAWAH
DOI:
https://doi.org/10.33394/jp.v5i1.2587Abstract
Pengambilan keputusan partisipatif yang oleh kepala sekolah sangat mempengaruhi peningkatan kinerja guru dan tata usaha khsusnya di MTs NW Nurul Ihsan Tilawah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisa pengambilan keputusan partisipatif kepalasekolah. Pengambilan keputusan partisipatif yang terkait dengan empat teknik pengambilan keputusan yakni 1) Sumbang saran (Brainstorming), 2) Teknik kelompok nominal, (The nominal group techniquel NGT), 3) Teknik delphi, 4) Kelommpok mutu (Quality circles). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini mengungkap bahwa pengelolaan sekolah harus diiringi dengan pengambilan keputusan yang tepat, sehingga setiap kebijakan yang diambil oleh kepala sekolah merupakan keputusan bersama dalam menciptakan demokratisasi sekolah. pengambilan keputusan partisipatif kepala sekolah di MTs NW Nurul Ihsan Tilawah sudah dilaksanakan dan terimplementasi dengan baik, hal ini terlihat dari program dan sistem kerja yang terbangun antar kepala sekolah dengan gur, antar kepala sekolah dengan tata usaha dan antar kepala sekolah dengan seluruh warga belajar. Kepala sekolah memberikan partisipasi penuh dalam menymbangkan ide gagasan serta pemanfaat sumberdaya warga sekolah dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan yang ada.
References
Salusu. 1996. Pengambilan Keputusan Stratejik. Jakarta: PT. Grasindo.
Siagian, S.P. 1993, Teori dan Praktek Pengambilan Keputusan, Jakarta: CV Haji
Wahyudi, Imam. 2012. Pengembangan Pendidikan. Strategi Inovatif dan Kreatif dalam Mengelola Pendidikan Secara Komprehensif. Jakarta: PT. Pustakaraya.
Miles, M.B., and Huberman, A.M. 1994. Qualitative Data Analysis (2en ed). London : Sage Publication.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).