BERMAIN BUAH ANGGUR SAMBIL BELAJAR BERHITUNG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.33394/jp.v5i1.2588Abstract
Beberapa hak anak yang merlu mendapat perhatian adalah hak untuk hidup dan memperoleh pendidikan yang layak serta mempunyai kesempatan bermain yang cukup karena dunia anak adalah bermain. Bermain merupakan motivasi intrinsik, menyenangkan, fleksibel, pemain menyadari apa yang sedang terjadi, membutuhkan aktivitas verbal, mental atau fisik, dan anak dapat memilih jenis bermain secara bebas yang diinginkan. Manfaat bermain diantaranya adalah anak menjadi senang, menambah pengetahuan, menstimulasi semua aspek-aspek perkembangan anak seperti aspek kognitif, sosial emosional, fisik motorik, bahasa, dan nilai-nilai moral. Secara umum bentuk bermain yaitu: bermain sosial, bermain sosiodramatis, dan bermain dengan benda. Bermain dapat menggunakan benda yang ada di sekitar anak, salah satunya adalah buah anggur. Buah anggur disamping enak untuk dimakan juga dapat digunakan untuk bermain sambil mengenalkan berhitung dengan konsep angka, geometri, ukuran, membandingkan, pola, dan mengklasifikasikan. Para orangtua, guru, orang dewasa di sekitar anak, dan para pengasuh mempunyai peran yang sangat besar untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh anak dengan memberikan kesempatan untuk bermain dengan berbagai media termasuk buah anggur sambil belajar berhitung dengan beberapa prinsip yaitu: a) dimulai dari menghitung benda, b) berhitung dari yang lebih mudah ke yang sulit, c) anak berpartisispasi aktif dan adanya rangsangan untuk menyelesaikan masalah sendiri, d) suasana yang menyenangkan, e) bahasa yang sederhana dan menggunakan contoh-contoh, f) anak dikelompokan sesuai dengan tahapan berhitungnya, dan g) evaluasi dari awal sampai akhir kegiatan. Dengan media buah anggur anak belajar menghitung dari 1 – 20, buah anggur juga dapat digunakan untuk membuat bentuk geometri dasar seperti: lingkaran, segi tiga, dan segi empat, belajar mengurut berdasarkan warna seperti merah, hijau, merah, hijau, merah dan seterusnya, anak dapat mencoba mengelompokan antara anggur yang berwarna merah dengan yang berwarna hijau, atau juga mengelompokan yang besarnya hampir sama.
References
Anna, 2002. http://ecrp.uiuc.edu/index.html, Learning to Guide Preschool Children’s Mathematical Understanding: A Teacher’s Professional Growth.
Brewer, Jo Ann, 2007. Introduction to Early Childhood Education Preschool Through Primary Grades, New York: Pearson.
Carol Seefeldt & Nita Barbour, 1994. Early Chilhood Education An Introduction, New York: Macmillian College Publishing Company.
Cony Semiawan, Cony R.,2002. Belajar Dan Pembelajaran Dalam Taraf Pendidikan Usia Dini (Penddikan Prasekolah dan sekolah Dasar), Jakarta: PT. Ikrar Mandiri Abadi.
Dodge, Diane Trister, Laura J. Colker, Cate Heroman, 2002. Creative Curriculum for Preschool, USA: Teaching Strategies, Inc.
Essa Eva L., 2002. Introduction to Early Childhood Education, Canada: Delmar.
Fadlillah, dkk. 2014. Edutaimment Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana.
http://abunyasyamil.multiply.com/journal/item/107.
http:www.mail-archive.com/daarut-tauhiid@yahoogroups.com/msg.
Montolalu, dkk, 2005. Bermain dan Permainan Anak, Jakarta, Universitas Terbuka.
Mulyani Novi, 2016. Superasyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Diva Press.
Padmonodewo, Soemantri, 2003. Pendidikan Anak Prasekolah, Jakarta: Rineka Cipta.
Papalia, Sally Windkos Olds, Ruth Diskin Feldman, 2007. Human Development, New York: Mc Craw-Hill.
Rogers Cosby S. dan Janet K. Sawyers, 2007. Play in The Live of Children, Washington, DC: National Association for the Education of Young Children, 2007.
Santoso Soegeng, 2002. Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.
Stephanie Frensy, Doris Christensen, Eva Moravcik, 2006. Who Am I In The Lives Of Children, Mexico: Merill Prentice Hall.
Sujiono Yuliani Nurani, Bambang S. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT. Indeks.
Sunar Prasetyono Dwi, Membedah Psikologi Bermain Anak, Jogjakarta: Think, 2007.
Suparno Paul, 2007. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius.
Susanto Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspek. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suyanto, Slamet. 2008. Strategi Pendidikan Anak. Yogyakarta: Hikayat Publisting.
Tedjasaputra, Mayke S., 2001. Bermain, Mainan dan Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Grasindo.
Tina Bruce, and Carolyn Meggitt, 1999. Child Care & Education, Italy: Hodder & Stoughton.
Triharso Agung, 2013. Permainan Kreatif & Edukatif Untuk Anak Usia Dini.Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).