Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa SDN 7 Tentena Sulawesi Tengah
DOI:
https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2832Keywords:
STAD, Contextual, Learning Outcomes.Abstract
References
Antari, I. (2018). Penerapan Pembelajaran Kontekstual (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Mengidentifikasi Teks Drama di Kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Mataram). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 4(1), 48-59. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.901
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Jakarta: Depdiknas.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Djamarah, SB. (2000). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rhineka Putra.
Ghofur, Abdul dkk. (2004). Pedoman Umum Pengembangan Penilaian KBK SMA. Jakarta: Depdiknas
Gulo, W. (2000). Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo
Ibrahim, Muslimin, Fida Rachmadiarti, Mohammad Nur, Ismono. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Mulyani, N. (2020). Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Mind Mapping dalam Bentuk Peta Konsep Kreatif di SMP Negeri 1 Pemenang. Jurnal Paedagogy, 7(3), 244-251. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2730
Nur dan Wikandari.(1999). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa Dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Surabaya: Unipress.
Nyoman Padmi, I. (2018). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Perlindungan dan Penegakan Hukum dengan Metode Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas XII IPS 2 di SMAN 3 Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 4(2), 151-157. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1123
Puluhulawa, Gafar. (2001). Pengembangan Dan Uji Coba Perangkat Contextual Teaching And Learning Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Lingkaran II. Depdiknas Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.
Purwati, N. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran STAD di Kelas Vi SD Negeri 42 Mataram. Jurnal Paedagogy, 6(1), 14-19. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v6i1.2525
Roestiyah, NK. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana dan Ibrahim. (2001). Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Usman, Moh. Uzer. (2000). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya
Wirejati, W. (2019). Peningkatan Mutu Hasil Belajar Siswa Kelas IX.A SMPN 7 Pujut pada Materi Sistem Ekskresi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions. Jurnal Paedagogy, 6(2), 59-65. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v6i2.2532
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).