Peningkatan Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis di SMP Negeri 6 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4670Kata Kunci:
Teacher Competence, Learning, Clinical SupervisionAbstrak
Referensi
Ali Imron. (2009). Penelitian Tindakan Sekolah Untuk Kepala Sekolah Dalam Rangka Peningkatan Kinerja Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Eko Supriyanto (2006). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Cerdas Istimewa Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Islamuddin, I. (2021). Supervisi Klinik sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Mengelola Pembelajaran di SMA Negeri 8 Gowa. Jurnal Paedagogy, 8(4), 482-489. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v8i4.4013
Kamaruddin, H. (2021). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru SMK Negeri 4 Gowa dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran di Kelas Melalui Program Supervisi. Jurnal Paedagogy, 8(3), 414-421. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3894
Maryono (2011). Supervisi Pendidikan. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Made Pidarta (2009). Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sahertian (2008). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Sudiarti, D. (2017). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SDN 9 Cakranegara. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 3(1). doi:https://doi.org/10.33394/jk.v3i1.463
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Wahyuni, T. (2021). Supervisi Klinis oleh Kepala Sekolah guna Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Mengelola Administrasi Kelas di SD Negeri 42 Ampenan. Jurnal Paedagogy, 8(2), 264-270. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3561
Wina Sanjaya. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zainudin, Z. (2016). Meningkatkan Kompetensi Guru Sasaran dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SMPN 21 Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 2(1). doi:https://doi.org/10.33394/jk.v2i1.451
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).