Penguatan Rekognisi Hak-Hak Sipil pada Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus di SDS Muhammadiyah 4 Cawang Jakarta Timur
DOI:
https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5453Keywords:
Civil Rights, Primary Schools, Recognition.Abstract
References
Benedict, Ruth. (2006). Chrysanthemum and The Sword. New York: Mariner Books.
Dewantara, Jagad Aditya, T Heru Nurgiansah, and Fazli Rachman. (2021). “Mengatasi Pelanggaran Hak Asasi Manusia Dengan Model Sekolah Ramah HAM (SR-HAM).†Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(2): 261–69.
Effendy. (2016). “Pengaruh Pemberian Pre-Test Dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Hdw.Dev.100.2.a Pada Siswa Smk Negeri 2 Lubuk Basung.†Jurnal VOLT 1.
Handayani, Trini. (2018). “Perlindungan Dan Penegakan Hukum Terhadap Kasus Kekerasan Seksual Pada Anak.†Jurnal Hukum Mimbar Justitia 2(2): 826.
Ismail. (2021). “RELEVANSI TEORI BEHAVIORISTIK ‘CLASSICAL CONDITIONING’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK ANAK DIDIK PADA KELOMPOK BELAJAR ANGGREK, TAMAN, SIDOARJO. Oleh.†JOECES 1(2021): 110–42.
Jatiningsih, Oksiana, Siti Maizul Habibah, Rahmanu Wijaya, and Maya Mustika Kartika Sari. (2021). “Peran Orang Tua Dalam Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Pada Masa Belajar Dari Rumah.†Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora 10(1): 147.
Kant, Immanuel. (2005). Kritik Atas Akal Budi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2022). “Catatan Pelanggaran Hak Anak Tahun 2021 Dan Proyeksi Pengawasan Penyelenggaraan Perlindungan Anak Tahun 2022.†Siaran Pers.
Marta, Rustono Farady. (2018). “Perjuangan Multikulturalisme Perhimpunan Indonesia Tionghoa Dalam Perspektif Rekognisi Axel Honneth.†Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi 4(1): 23–31.
Nugroho, A., S. Harwanti, and B. Pamungkas. (2021). “Kontribusi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Siswa Selama Pandemi.†Jurnal Basicedu 5(4).
Nurmaya. G, Andi Lely, Irsan Irsan, Sufinuran Sufinuran, and Rezky Fauziah. (2022). “Analisis Perkembangan Perilaku Sosio-Emosional Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Secara Daring (Online) Di Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 6(1): 943–53.
Nurwahyuni, Katwan, and Hudaidah. (2021). “Sejarah Sistem Pendidikan Di Indonesia Dari Masa Ke Masa: Sebuah Studi Literatur.†1(July): 1–9.
Perdana, Novrian Satria. (2018). “Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik.†Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 8(2).
Prabowo, Rian Adhivira. (2019). “Politik Rekognisi Axel Honneth: Relevansinya Terhadap Jaminan Kesetaraan Dalam Hukum Di Indonesia.†Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan 4(2): 75.
Qomariah, Dede Nurul. (2019). “Persepsi Masyarakat Mengenai Kesetaraan Gender Dalam Keluarga.†Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS 4(2): 52–58.
Rahmat, Abdul, and Mira Mirnawati. (2020). “Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat.†Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6(1): 62.
Santoso, Erik, and Megita Dwi. (2021). “Teori Behaviour ( E . Throndike ) Dalam Pembelajaran Matematika.†Prisma 4: 174–78.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi, Supriyadi. (2021). “Kajian Rekognisi Hak Masyarakat Adat Perspektif Propetik.†JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 5(2): 501–8.
Tim CNN. (2021). “KPAI: 207 Anak Korban Pelecehan Seksual Di Sekolah Sepanjang 2021.†CNN Indonesia.
Wahidah. (2018). “Identifikasi Dan Psikoterapi Terhadap ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) Perspektif Psikologi Pendidikan Islam Kontemporer.†Millah: Jurnal studi Agama 17(2): 297–317.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).