Cultivation of Religious Character Values in Social Studies Learning : A Case Study at Islamic School in West Bandung Regency
DOI:
https://doi.org/10.33394/jp.v10i1.5920Kata Kunci:
Cultivation, Religious Character Values, Social Studies Learning.Abstrak
Referensi
Affandi, Idrus. (2012). Strategi Mengajar Ilmu Sosial. Bandung: Mutiara Press
Arfin, M. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada SD Negeri Mannuruki Makassar. Makasar: Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Alauddin
Arifin, Miftahul M. (2015). Strategi Guru untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Peserta Didik Studi Multi Kasus di The Naff Elementary School Kediri dan MI Manba’ul Afkar Sendang Banyakan Kediri. Program Studi Ilmu Pendidikan Dasar Islam Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Darmiyati, Zuchdi, (2008). Humanisasi Pendidikan: Menemukan Kembali Pendidikan Yang Manusiawi. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Djamarah, Syaful Bahri dan Zain, Aswan. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Fajar, Arnie dkk. (2019). Sekolah Sehat Berkarakter. Jakarta: Kemendikbud.
Fajar, Arnie dkk. (2018). Model Pengintegrasian Pendidikan Antikorupsi pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 SMA/MA dan SMK/MAK Kelas XII, Jakarta: Kemendikbud.
Hanang, Ar Rasyid (2016). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim. Yogyakarta: Socia Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, ISSN 1829-5797. Juni 2016, Vol 15, No. 1. hanangarrasyid@gmail.com.
Komara, Endang. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama
Mulyasa, H.E. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Muta’alin. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Pembelajaran IPS di MTs Negeri N.gemplak Boyolali. Surakarta: Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005. (2005). Standar Nasional Pendidikan. https://pelayanan.jakarta.go.id/download/regulasi/peraturan-pemerintah-nomor-19-tahun-2005-tentang-standar-pendidikan-nasional.pdf
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 Tahun 2013. (2013). Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan. https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/173768/PP0322013.pdf
Peraturan Pemerintah RI No. 4 Tahun 2022. (2022). Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (https://lldikti5.kemdikbud.go.id/assets/files/aturan/lldikti5_4_Tahun_2022.pdf)
Peraturan Presiden No. 87 tahun 2017. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter. Lembaran Negara No. 195, 2017. (https://peraturan.go.id/common/dokumen/ln/2017/ps87-2017.pdf)
Ririn. (2018). Potensi Pelajar Menyalahgunakan Narkoba. Cimahi: Pikiran Rakyat.
Ririn. (2019). Puluhan Pelajar Mabal Terjaring Dirazia. Cimahi: Pikiran Rakyat.
Pusat Analisis Sinkronisasi Kebijakan. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://repositori.kemdikbud.go.id/10075/1/Konsep_dan_Pedoman_PPK.pdf
Salirawati, Das, 2016, Pendidik Tak Cukup Sekedar Transfer of Knowledge, Apa Lainnya? (: https://ftk.unisnu.ac.id/pendidik-tak-cukup-sekedar-transfer-of-knowledge-apa-lainnya Copyright © UNISNU Jepara)
Sapriya. (2017). Pendidkan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sardiman, A.M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Depok: PT. Raja Grafindo Persada
Somantri, Numan dkk. (2010). Inovasi Pembelajaran IPS. Bandung: Rizki Press.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukri. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Darul Azhar Aceh Tenggara. TesisProgram Pascasarjana IAIN Sumatera Utara Medan
Theresia Rukmini. (2016). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di kelas X SMK Negeri 1 Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas PGRI Yogyakarta.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. (2003). Sistem Pendidikan Nasional, https://pmpk.kemdikbud.go.id/assets/docs/UU_2003_No_20_-_Sistem_Pendidikan_Nasional.pdf
Yin Robert K. (2015). Terjemahan Mudzakir, Djauzi M, Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).