PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL PADA MATAPELAJARAN FISIKA SMA
DOI:
https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i1.1054Keywords:
perangkat pembelajaran, keunggulan lokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis keunggulan lokal pada matapelajaran Fisika SMA. Keunggulan lokal yang dimaksud adalah objek wisata seperti pantai, gili, dan air terjun. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Guru, Buku Siswa, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Pada tahap Define dilakukan penetapan dan pendefinisian syarat-syarat pembelajaran. Pada tahap Design dilakukan penyusunan prototipe perangkat pembelajaran. Pada tahap Develop dilakukan validasi perangkat pembelajaran oleh Pakar yang dilanjutkan dengan revisi. Tahap Define, Design, dan Develop dilaksanakan mulai Maret hingga Juni 2014. Tahap Disseminate akan dilakukan pada September 2014 untuk menguji efektivitas penggunaan perangkat pembelajaran di Kelas. Rentang skor penilaian Validator terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah 1 (tidak baik) hingga 4 (sangat baik) ditinjau dari aspek: format, isi, dan bahasa. Nilai yang diberikan oleh Validator adalah 3 dengan kriteria baik sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis keunggulan lokal pada matapelajaran Fisika SMA dapat digunakan dengan sedikit revisiReferences
Anwar. 2006. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education): Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jogjakarta: DIVA Press.
Hikmawati, dkk. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal melalui Pola Lesson Study sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika. Laporan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi. Mataram: Universitas Mataram.
Hikmawati, dkk. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Memanfaatkan Tema Objek wisata Daerah Lombok. PROSIDING Seminar Nasional Pariwisata dengan tema “Optimalisasi IPTEKS untuk Pengembangan Pariwisata yang Berkelanjutanâ€. Kamis, 12 September 2013, Universitas Mataram. Mataram: FKIP Press Universitas Mataram.
Hikmawati, dkk. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Memanfaatkan Tema Objek Wisata di Pulau Lombok pada Matakuliah Strategi Pembelajaran Fisika. PROSIDING Seminar Nasional dengan tema “Penelitian, Pembelajaran Sains, dan Implementasi Kurikulum 2013. Sabtu, 7 Desember 2013, Hotel Lombok Garden mataram, NTB. Mataram: Prodi Magister Pendidikan IPA, PPs Universitas Mataram.
Ibrahim, Muslimin. 2003. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Jufri, A. Wahab & Hikmawati. 2012. Upaya Meningkatkan Kecakapan Hidup Siswa Melalui Pengembangan Model Pemberdayaan Kompetensi Profesional Guru dalam Merancang Media Instruksional Sains Inovatif Berbasis inkuiri. Laporan Penelitian Strategis Nasional TA 2012. Mataram: Universitas Mataram.
Lukman, Lalu. 2005. Pulau Lombok Dalam Sejarah Ditinjau Dari Aspek Budaya. Mataram.
Nur, Mohamad. 2008. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: PSMS UNESA.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Safi’i, Lalu. 1999. Suku Sasak Dalam Dekapan Budaya. Jakarta: PT Ardadizya Jaya.
Samani, Muchlas. 2009. Panduan Penyusunan Proposal: Program Per¬luasan dan Penguatan Lesson Study di LPTK (Lesson Study Dissemination Program for Strengthening Teacher Education in Indonesia-LEDIPSTI). Jakarta: Direktorat Ketenagaan Dirjendikti Depdiknas.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sunarpi. 2014. Sambutan Rektor Universitas Mataram. PROSIDING Seminar Nasional dengan tema “Penelitian, Pembelajaran Sains, dan Implementasi Kurikulum 2013. Sabtu, 7 Desember 2013, Hotel Lombok Garden mataram, NTB. Mataram: Prodi Magister Pendidikan IPA, PPs Universitas Mataram.
Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.