Pengaruh Pembelajarn Kooperatif Student Teams Achivement Division (STAD) Terhadap Keteramilan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.33394/j-ps.v5i1.1110Keywords:
Keterampilan Berpikir Kritis, Kooperatif STADAbstract
Kualitas pendidikan merupakan salah satu fakor atau indikator yang menunjukkan kualitas suatu bangsa. Oleh karena itu, kualitasnya harus terus ditingkatkan. Peninkatan kualitas pendidikan tersebut sejalan dan seirama dengan tuntutan kemajuan zaman yang menekankan pada pengetahuan dan keterampilan, seperti pentingnya dibelajarkan tentang keterampila berpikir tingkat tinggi, salah satunya adala keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan hidup dan modal dasar yang harus dimiliki siswa untuk memperoleh dan mengembangkan pengetahuan, dalam hal ini dipaami bahwa, apabila siswa memeiliki keterampilan berpikir kritis, maka siswa akan memiliki keterampilan atau pengetahuan untuk menyelesaikan masalah. membelajarkan keterampilan berpikir kritis kepada siswa dapat dilakukan dengan berbagai metode atau model pembelajaran, salah satunya adalah dengan model pembelajaran kooperatif STAD. Melalui model pembelajaran kooperatif STAD, siswa tidak hanya diberdayakan untuk memiliki keterampilan berpikir kritis, tetapi juga keterampilan sosial, karena karakteristik pembelajaran kooperatif adalah interaksi sosial antar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ppengaruh pembelajaran kooperatif STAD terhadap keteramppilan berpikir kritis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah NW Pringgabaya tahun pelajaran 2016/2017 Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest control group desaign, dan sampel penelitian diambil menggunakan teknik sampel acak (random sampling). Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 16 for windows, diperoleh nilai uji t sebesar 5.06, dan nilai probabilitasnya sebesar 0.000, sehingga berdasarkan hasil analisis ini dinyatakan bahwa pembelajaran kooperatif STAD berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah NW Pringgabaya tahun pelajaran 2017/2018.References
Aliakbari & Sadeghdaghighi, 2012. Performance Based Assessment of Students Critical Thinking Skill: The Case of Iranian MA and BA TEFL Students. International Conference on Language and Culture IPEDR, Vol.33 (55 - 60). Singapore: IACSIT Press.
Firdaus, Muliadi, Fitriani & Aziz, 2016. Keterampilan Berpikir Kritis: Suatu Kajian Literatur. Makalah Seminar Nasional Pusat Kajian Pendidikan Sains dan Matematika (PKPSM) IKIP Mataram. ISBN: 978-602-74245-0-0.
Ibraheem, 2013. Effects of Two Modes Of Student Teams Achievement Division Strategies On Senior Secondary School Students Learning Outcomes In Chemical Kinetics. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, Volume 12, Issue 2, Article 7, p.1 (Dec., 2011).
Hijazi & Al-Natour, 2012. Teachers Attitude Towards Using Cooperative Learning For Teaching Skills. Interdisciplines Journal of Contemporary Research in Business, Vol.3, 2012.
Larkin, 2010. Metacognition in Young Children. London: Routledge
Mahapoonyanont, 2010. Factors Related to Critical Thinking Abilities: A Meta Analysis. Procedia Social and Behavioral Sciences, 986 - 990.
Mimbs, 2005. Teaching From The Critical Thinking Problem Based Curricular Approach: Strategies, Challenges and Recomendation. Journal of Familiy and Consumer Science Education, Vol. 23, Number. 2, 7 - 18.
Moore & Parker, 2015. Critical Tinking. New York: McGraw-Hill.
Udi, E & Cheng, D (2015). Developing Critical Thinking Skills from Dispositions to Abilities: Mathematics Education from Early Childhood to High School . Creative Education, 455 – 462.
Tiantong & Teemuangsai (2013). Student Team Achievement Divisions (STAD) Technique Through The Moodle to Enhance Learning Achievement. International Education Studies; Vol. 6, No. 4; 2013.
Tran, 2014. The Effects of Cooperative Learning on the Academic Achievement and Knowledge Retention. International Journal of Higher Education, Vol. 3, No. 2; 2014.
Yildrim & Ozkahraman, 2011. Critical Thinking in Nursing Process and Education. International Journal of Humanitie and Social Science Vol. 1 No. 13 Special Issue – September 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.