Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbasis Hands on Activity terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Kognitif Siswa

Authors

  • Asti Asmawati Program Studi Pendidikan Biologi, FPMIPA, IKIP Mataram
  • I Wayan Karmana Program Studi Pendidikan Biologi, FPMIPA, IKIP Mataram
  • Hunaepi Hunaepi Program Studi Pendidikan Biologi, FPMIPA, IKIP Mataram

DOI:

https://doi.org/10.33394/j-ps.v5i2.1156

Keywords:

contextual approach, hands on activity, cognitive learning outcomes, science process skills

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of using the contextual approach based on hands-on activity toward students’ science process skills and cognitive learning outcomes of class VII of SMP 1 Kediri in the academic year 2016/2017. This type of research is quasi-experimental. The research sample consisted of 51 students divided into experimental classes and control classes. The technique of collecting data in the form of tests to assess students 'cognitive learning outcomes, and performance assessment for students' science process skills. The results showed that the experimental class posttest average was 47.59 and the control class was 55.8. The students’ science process skills score for the experimental class with an average of 77.33 with a high category. The results of the t-test are obtained tcount <ttable (-2.012 <1.98), so that the contextual approach based on hands-on activity does not affect on the students’ cognitive learning outcomes of class VII of SMP 1 Kediri in the academic year 2016/2017.

References

Aqib, Z. (2013). Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Azwar, S. (2015). Metode penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Hariani, D. Pengaruh pembelajaran guided inquiri terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains siswa kelas VII MTS Ridlol Waliadin NW Batubangka Lombok Timur tahun pelajaran 2014/2015. (Skripsi tidak dipublikasikan). Mataram: IKIP Mataram.

Kartono. (2010). Hands on activity pada pembelajaran geometri sekolah sebagai asesmen kinerja siswa. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1(1), 21-32.

Kumullah, R. (2016). Pengaruh penggunaan model pembelajaran artikulasi terhadap kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMPN 3 Batukliang tahun pelajaran 2016/2017. (Skripsi tidak dipublikasikan). Mataram: IKIP Mataram.

Kumullah,R. 2016. Pengaruh penggunaan model pembelajaran artikulasi terhadap kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMPN 3 Batukliang tahun pelajaran 2016/2017. (Skripsi tidak dipublikasikan). Mataram: IKIP Mataram.

Pratiwi. (2015). Pengembangan LKS biologi berbasis keterampilan proses sains untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. (Skripsi tidak dipublikasikan). Mataram: IKIP Mataram.

Restanti, R., Surwanto, & Sudarsiman, S. (2013). Pembelajaran biologi dengan pendekatan CTL (contextual teaching learning) melalui model formal dan informal hands on activites ditinjau dari kreativitas siswa dan sikap peduli lingkungan. Jurnal Pendidikan IPA “Inkuiriâ€. 2(2): 193-203.

Septiani, E., Maharta, N., & Abdurahman. (2016). Pengaruh skill representasi hand on activity terhadap penguasaan konsep getaran dan gelombang siswa SMP. Jurnal FKIP Unila, 1(1) 89-101.

Sugiyono. (2011). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tindaon, N. (2015). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity terhadap hasil belajar akutansi siswa kelas X SMK Swasta Tri Sakti 2 Lubuk Pakam tahun pelajaran 2014/2015. (Skripsi tidak dipublikasikan). Medan: Universitas Negeri Medan.

Downloads

Published

2017-12-27

How to Cite

Asmawati, A., Karmana, I. W., & Hunaepi, H. (2017). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbasis Hands on Activity terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Kognitif Siswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 5(2), 33–41. https://doi.org/10.33394/j-ps.v5i2.1156

Issue

Section

Research Articles