Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Kesetaraan Paket C di PKBM Istiqomah

Authors

  • Al Fitrah Salsabila Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Assyifa Khalmayra Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Evan Bagaskara Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Hanna Nabila Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Mala Tazkiyatunnufus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtni.v10i1.10030

Abstract

Abstract: CIPP stands for context, input, process and product. This evaluation model aims to improve the program. The CIPP evaluation model in its implementation is more widely used by evaluators, this is because this evaluation model is more comprehensive when compared to other evaluation models. The program evaluation used to evaluate the package c equivalency programs at pkbm istiqomah is the cipp model because it is easier to measure the efficiency of the ongoing program, and measure the success rate and shortcomings of an ongoing program. To see the success and achievement of a program based on product evaluation (results), the Package C equivalency education program can be said to be good if there is a fairly good quality improvement in students and the percentage of student graduation reaches 100%.

Key Words: Evaluation, Cipp Evaluation, Equality Program

Abstrak: CIPP merupakan singkatan dari context, input, process dan product. Evaluasi model ini memiliki tujuan untuk memperbaiki program. Orientasi dari evaluasi ini adalah sebagai bahan pertimbangan untuk membuat keputusan dari decicion maker (pemegang keputusan). Model evaluasi CIPP dalam pelaksanaannya lebih banyak digunakan oleh para evaluator, hal ini dikarenakan model evaluasi ini lebih komprehensif jika dibandingkan dengan model evaluasi lainnya. Evaluasi program yang digunakan untuk mengevealuasi program-progam kesetaraan paket C pada PKBM Istiqomah adalah model CIPP karena lebih mudah untuk mengukur keefisienan dari program yang berlangsung, dan mengukur tingkat keberhasilan serta kekurangan dari suatu program yang berjalan. Untuk melihat keberhasilan dan tercapai nya suatu program tersebut Berdasarkan evaluasi product (hasil), program pendidikan kesetaraan Paket C dapat dikatakan sudah baik apabila adanya peningkatan kualitas yang cukup baik pada peserta didik dan persentase kelulusan peserta didik mencapai 100%.

Kata Kunci: Evaluasi, Evaluasi CIPP, Program Kesetaraan


References

Ambiyar, dkk. (2019). Metodologi Penelitian Evaluasi Program. Bandung: ALFABETA.

Depdiknas, (2013). Acuan kurikulum Pendidikan Kesetaraan Program Paket A, B, C. Jakarta: Direktorat Tenaga Teknis Ditjen PLSP.

Febrianti, D., & Herlina, H. (2021). Efektvitas Pola Membinaan Manajemen Pada Lembaga PKBM Haska Khafila di Desa Selebung Ketangga Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur NTB Tahun 2020/2021. Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 7(1), 7 - 16.

Hakan, K., & Fer, S. (2011). CIPP Evaluation Model Scale: Development, Reliability and Validity. Procedia Social and Behavioral Sclences

Munthe, A. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan, dan Manfaat. Scholaria, 5(1), 1–14.

Putri, M., & Sa'di, K. (2023). Efektivitas Program Keaksaraan Lanjutan Melalui Pendekatan Kearifan Lokal Di Pkbm Karoko Mas Desa Nanga Wera Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 8(2), 102 - 110.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Suhendro. (2019). Pelaksanaan Program Pendidikan Kesetaraan di Pusat Kegiatan. Pontianak: UTP.

Suhendro. (2019). Pelaksanaan Program Pendidikan Kesetaraan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kecamatan Terentang. Jurnal Untan, 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i7.34103

Wirawan, (2011). Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Press.

Downloads

Published

2024-03-18

How to Cite

Salsabila, A. F., Khalmayra, A., Bagaskara, E., Nabila, H., & Tazkiyatunnufus, M. (2024). Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Kesetaraan Paket C di PKBM Istiqomah. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 10(1), 78–85. https://doi.org/10.33394/jtni.v10i1.10030

Issue

Section

Articles

Citation Check