HUBUNGAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI LEMBAGA KURSUS BAHASA INGGRIS BAGLON FAMILY COURSE DI DESA RENSINGKECAMATAN SAKRA BARAT KABUPATEN LOMBOK TIMURNTB TAHUN 2017

Authors

  • Risma Hidayati Risma Hidayati IKIP Mataram, Indonesia
  • Herlina Herlina Herlina IKIP Mataram, Indonesia
  • Maskun Maskun Maskun IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtni.v4i1.1026

Abstract

ABSTRAK: Masalah dalam penelitian ini adalah apakah adahubungan Pengelolaan Pembelajaran Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik di Lembaga Kursus Bahasa Inggris Baglon Family Course di Desa Rensing Kecamatan. Sakra Barat Kabupaten Lombok TimurNTB Tahun 2017.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara hubungan pengelolaan pembelajaran dengan Prestasi Belajar Peserta didik di LembagaKursus Bahasa InggrisBaglon Family Course di Desa Rensing Kecamatan. Sakra Barat Kabupaten Lombok TimurNTB Tahun 2017“. Metode pengupulan data dalam penelitian ini menggunakan Angket sebagai Metode utama, metode dokumentasi sebagai metode pelengkap. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 7 orang, penelitian ini tidak menggunakan teknik sampel karena populasinya relative sedikit, maka penelitian ini menggunakan studi populasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistic yakni rumus Korelasi Product Moment. Hasil analisis menunjukkan nilai sebesar 0,953 sedangkan nilair product moment dalam table signifikasi5% dan N=7 adalah 0,754. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa nilai rhitung lebih besar dari nilai r dalam table product moment (0,953>0,754). Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah “Ada Hubungan Pengelolaan Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Peserta Didik di Lembaga Kursus Bahasa Inggris Baglon Family Course di DesaRensing Kecamatan. Sakra Barat Kabupaten Lombok TimurNTB Tahun 2017.

 

Kata Kunci: Pengelolaan Pembelajaran, Prestasi Belajar Peserta Didik.

References

Mujib. A. (2006). Pengelolaan Peserta Didik. Bandumg: Alfabeta.

Hamalik. O. (2001). Pendekatan Baru Stratengi Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Hamiseno dan Arikunto. (2003). Pengelolaan Pembelajaran. PT Rineka Cipta: Jakarta.

http://amingoa.Blogspot. com/2011/12/12/ kursus-dan pelatihan. Diakses pada tanggal 17/05/2017pukul 12.25 Wita.

http://amdayhary.blongspot.com/2011/12/12/pengelolaan-pembelajaran-pengertian-dan html. Diaksespadatanggal 23 April 2017 pukul 21. 30

Moekijat. (2001). Penyelengaran Program. Jakarta: Gita Media Press

Nana Sudjana, (2005). Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Prihatin. Eka. (2014). Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Sobri, and Jihad. A. (2009). Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Sihombing. (2001). Keberhasilan Program Diklospora. Jakarta: Diktentis Diklosepora.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sondang P. Siagian. (2009). Perencanan Pengelolaan. PT Refika Aditama: Bandung.

Sumadi Suryabrata. (2009). Prestasi Belajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Trinotegoro. (2006). Prestasi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Prima Pena. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gita Media Press.

Tery. (2003). Prinsip – Prinsip Manajemen. Jakarta: BumiAksara.

Tim Penyusun Skripsi. (2011). Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. IKIP Mataram

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidik.

Published

2018-10-31

How to Cite

Hidayati, R. H. R., Herlina, H. H., & Maskun, M. M. (2018). HUBUNGAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI LEMBAGA KURSUS BAHASA INGGRIS BAGLON FAMILY COURSE DI DESA RENSINGKECAMATAN SAKRA BARAT KABUPATEN LOMBOK TIMURNTB TAHUN 2017. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 4(1). https://doi.org/10.33394/jtni.v4i1.1026

Issue

Section

Articles

Citation Check