HUBUNGAN PROGRAM TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) TERHADAP MINAT MEMBACA WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI PKBM CERIA
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtni.v4i1.1028Abstract
Keyword: TBM Program, Reading Interersts, Fuctional Literacy
Â
ABSTRAK: Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah ada Hubungan Program Taman Bacaan Masyarakat Terhadap Minat Membaca Warga Belajar Keaksaraan Fungsional di PKBM Ceria Desa Sesela Kecamatan Gunung Sari Kabupaten  Lombok Barat Tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Program Taman Bacaan Masyarakat Terhadap Minat Membaca Warga Belajar Keaksaraan Fungsional di PKBM Ceria Desa Sesela Kecamatan Gunung Sari Kabupaten  Lombok Barat Tahun 2017. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai metode utama, dan dokumentasi sebagai metode pelengkap, selanjutnya analisis statistik yang digunakan dengan menerapkan rumus Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan hasil analisa data diketahui nilai signifikansi 0,933> 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada Hubungan yang positif program taman bacaan masyarakat  (X) terhadap minat membaca (Y). Maka kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah “Ada Hubungan Positif Hubungan Program Taman Bacaan Masyarakat Terhadap Minat Membaca Warga Belajar Keaksaraan Fungsional di PKBM Ceria Desa Sesela Kecamatan Gunung Sari Kabupaten  Lombok Barat Tahun 2017.
Â
Kata Kunci: Program TBM, Minat Membaca, Keaksaraan Fungsional
References
. (2014). Metode Penelitian & Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta
. (2015). Metode Penelitian Dan Pengembangan Research And Development. Bandung: Alfabeta.
Buku Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah IKIP Mataram Tahun 2011
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian & Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta
Sujarweni, V. Wiratna. (2008). Belajar Mudah SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Global Media Informasi.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License Term
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.