HUBUNGAN PROGRAM TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) TERHADAP MINAT MEMBACA WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI PKBM CERIA

Authors

  • Enny Sumiyanty Enny Sumiyanty IKIP Mataram, Indonesia
  • Suharyani Suharyani Suharyani IKIP Mataram, Indonesia
  • M.Arief Rizka M.Arief Rizka IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtni.v4i1.1028

Abstract

ABSTRACT: The problems in this research are : Is there any Relationship Program Reading Garden Reading Interest Residents of Functional Literacy Learning at PKBM Ceria Sesela Village Gunung Sari District West Lombok Regency Year 2017. This study aims to determine the Relationship Program Reading Garden Reading Interest Residents of Functional Literacy Learning at PKBM Ceria Sesela Village Gunung Sari District West Lombok Regency Year 2017. The method of data collection using questionnaire method as the main method, and documentation as complementary methods, then the statistical analysis used by applying Simple Linear Regression formula. Based on the results of data analysis is known value of significance value 0,933>0,05, then Ho is rejected and Ha accepted, Which means there is a positive relationship of community reading (X) reading program to reading interest (Y). So the conclusion of the results of this study is “There is a Positive Relationship Program Reading Garden Reading Interest Residents of Functional Literacy Learning at PKBM Ceria Sesela village Gunung Sari District West Lombok Regency Year 2017â€.

Keyword: TBM Program, Reading Interersts, Fuctional Literacy

 

ABSTRAK: Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah ada Hubungan Program Taman Bacaan Masyarakat Terhadap Minat Membaca Warga Belajar Keaksaraan Fungsional di PKBM Ceria Desa Sesela Kecamatan Gunung Sari Kabupaten  Lombok Barat Tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Program Taman Bacaan Masyarakat Terhadap Minat Membaca Warga Belajar Keaksaraan Fungsional di PKBM Ceria Desa Sesela Kecamatan Gunung Sari Kabupaten  Lombok Barat Tahun 2017. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai metode utama, dan dokumentasi sebagai metode pelengkap, selanjutnya analisis statistik yang digunakan dengan menerapkan rumus Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan hasil analisa data diketahui nilai signifikansi 0,933> 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada Hubungan yang positif program taman bacaan masyarakat  (X) terhadap minat membaca (Y). Maka kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah “Ada Hubungan Positif Hubungan Program Taman Bacaan Masyarakat Terhadap Minat Membaca Warga Belajar Keaksaraan Fungsional di PKBM Ceria Desa Sesela Kecamatan Gunung Sari Kabupaten  Lombok Barat Tahun 2017.

 

Kata Kunci: Program TBM, Minat Membaca, Keaksaraan Fungsional

References

. (2014). Metode Penelitian & Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta

. (2015). Metode Penelitian Dan Pengembangan Research And Development. Bandung: Alfabeta.

Buku Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah IKIP Mataram Tahun 2011

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian & Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, V. Wiratna. (2008). Belajar Mudah SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Global Media Informasi.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2018-10-31

How to Cite

Sumiyanty, E. S. E., Suharyani, S. S., & Rizka, M. R. M. (2018). HUBUNGAN PROGRAM TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) TERHADAP MINAT MEMBACA WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI PKBM CERIA. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 4(1). https://doi.org/10.33394/jtni.v4i1.1028

Issue

Section

Articles

Citation Check