MODEL BELAJAR KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • M. Zainal Mustamiin IKIP Mataram, Indonesia
  • Nuraeni Nuraeni IKIP Mataram, Indonesia
  • Mujiburrahman Mujiburrahman IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtni.v4i2.1326

Abstract

Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah dalam dunia belajar mengajar adalah dengan menerapkan model kelompok belajar kompetitif dalam belajar IPS. Ide utama model kelompok belajar kompetitif adalah siswa berdiskusi dalam kelompok kecil dalam suatu kelas yang terdiri dari beberapa kelompok, diberikan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam aktivitas belajar. Untuk mencapai tujuan tersebut maka salah satunya yang kiranya perlu menjadi pencermatan adalah bagaimana usaha guru untuk meningkatkan proses pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian  yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Penerapan model belajar kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Kenampakan Alam  dan Buatan di Indonesia pada Mata Pelajaran IPS untuk sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan: adanya peningkatan hasil belajar siswa yakni pada data awal sebelum Penerapan model belajar kelompokdi terapkan hasil belajar siswa mencapai 62,5%. Kemudian pada siklus I meningkat menjadi 66,66% dan pada Siklus II meningkat menjadi 87,5% secara klasikal dinyatakan tuntas.

Kata Kunci: Belajar Kelompok, Hasil Belajar

References

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Rosyada. D. (2004). Paradigma Pendidikan Demokratis, Prenada Media,

Djamarah & Bahri. S. (1994). Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional.

Isjoni. (2007). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung. Alfabeta

Lexy J. Moleong. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Syaiful Sagala. (2008). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2019-02-28

How to Cite

Mustamiin, M. Z., Nuraeni, N., & Mujiburrahman, M. (2019). MODEL BELAJAR KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 4(2). https://doi.org/10.33394/jtni.v4i2.1326

Issue

Section

Articles

Citation Check