Program Latihan Profesi (PLP) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pedagogi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtni.v11i1.14452Abstract
Abstract: The aim of this research is to combine theoretical knowledge learned in lectures with applications that can be found in the real world. This study applies a quantitative descriptive approach. We were placed at SPNF SKB Serang City for this Professional Training Program (PLP) activity. The department's PLP program assists with teaching activities, office administration, and archiving. This research uses learning implementation observation sheets and learning implementation plan (RPP) review sheets to obtain data. Students have overall "good" pedagogical competence when taking PLP courses, with an average of 3.10 on a scale of 4.
Key Words:Â Pedagogical Competence, PLP
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menggabungkan pengetahuan teoritis yang dipelajari di kuliah dengan aplikasi yang dapat ditemukan di dunia nyata. Studi ini menerapkan pendekatan deskriptif kuantitatif. Kami ditempatkan di SPNF SKB Kota Serang untuk kegiatan Program Latihan Profesi (PLP) ini. Program PLP jurusan membantu kegiatan mengajar, administrasi kantor, dan pengarsipan. Penelitian ini menggunakan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan lembar penelaahan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk mendapatkan data. Mahasiswa memiliki kompetensi pedagogik secara keseluruhan "baik" saat menempuh mata kuliah PLP, dengan rata-rata 3,10 dari skala 4.
Kata Kunci:Â Kompetensi Pedagogik, PLP
References
Bahri, S., & Bastian, D. (2022). Kontribusi Mahasiswa dan Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Dalam Kegiatan Program Latihan Profesi (PLP). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 345-362.
Cahya, D. I. (2024). Pengaruh Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Menjadi Calon Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.
Hardianti, E., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Pengenalan Lapangan Persekolahan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 95-103.
Hilmiy, A., & Sa'di, K. (2024). Evaluasi Program Komunitas Pemuda Lentera Terhadap Keberlangsungan Pendidikan Non Formal di Daerah Pesisir Studi Kasus (Taman Baca Pelangi Desa Kwang Rundun Lombok Timur). Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 10(2), 148 - 158. doi:https://doi.org/10.33394/jtni.v10i2.12979
Jayanti, A. D. (2022). Pengaruh Program Latihan Profesi (PLP) Terhadap Minat Dan Kesiapan Menjadi Calon Guru Kimia Yang Profesional. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 4(1), 22-35.
Mufidah, H. (2019). Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Kepribadian Mahasiwa Manajemen Pendidikan Islam Institut Pesanten Sunan Drajat dalam Program Latihan Profesi PLP. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 12-20.
Mustofa, M. (2019). Evaluasi Program Praktik Pembelajaran di Sekolah (Program Magang Iii) Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Calon Guru PAI.
Putra, B., & Sa'di, K. (2023). Peran Taman Pendidikan Al-Quran Hidayaturrasyidin Dalam Pembentukan Karakter Anak di Dusun Montong Buwuh. Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 9(2), 167 - 178. doi:https://doi.org/10.33394/jtni.v9i2.8788
Rahmawati, D. (2023). Peranan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dalam Meningkatkan Minat Menjadi Guru (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Surabaya). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 10435-10442.
Saepuloh, L., & Imswatama, A. (2017). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Program Latihan Profesi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2.
Setiyawan, A., Machali, I., & Arifin, Z. (2017). Panduan Program Latihan Profesi I (Plp I) Berbasis Participatory Action Research (Par).
Siswanto, S. D. Kontribusi Mahasiswa dan Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Dalam Kegiatan Program Latihan Profesi (PLP)
Syuhada, S., & Arpizal, A. (2019). Analisis Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Praktek Kependidikan (Studi Pada Mahasiswa Fkip Universitas Jambi Yang Mengikuti Plp Di Sekolah Dalam Kota Jambi). Journal of Economic Education (JEeC), 1(1).
Utami, I. T. (2020). Analisis Pengaruh Kompetensi Profesional Dosen Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Sekretari Budi Luhur Pada Masa Pandemik/Covid-19 (Studi Empiris: Perkuliahan Korespondensi Bahasa Indonesia Sem20). Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi), 9(2), 378-383.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License Term
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.