Perkembangan Kognitif Pendidikan Anak Usia Dini di SKB Kota Serang Banten
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtni.v11i1.14565Abstract
Abstract: Cognitive ability is a child's ability to think more complexly and to do reasoning and problem solving, the development of this cognitive ability will make it easier for children to master broader general knowledge, so that children can function properly in everyday community life. However, in its development, not all children can develop according to their stages so that analysis needs to be done. This research is a descriptive study using a qualitative approach that aims to analyze the problems of cognitive development of children aged 4-6 years at SKB Kota Serang. Based on the results of the research that has been done, it can be concluded that most children aged 4-6 years experience a lot of cognitive development, so that at the age of 0-6 years children in the Golden Age (golden age) must receive greater attention for their cognitive growth and development.
Key Words:Â Ability,cognitive, development
Abstrak: Kemampuan kognitif merupakan suatu kemampuan anak untuk berfikir lebih kompleks serta melakukan penalaran dan pemecahan masalah, berkembangnya kemampuan kognitif ini akan mempermudah anak menguasai pengetahuan umum yang lebih luas, sehingga anak dapat berfungsi secara wajar dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Namun dalam perkembangannya tidak semua anak dapat berkembang sesuai tahapannya sehingga perlu dilakukan analisa. Adapun Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang mmempunyai tujuan untuk menganalisis permasalahan perkembangan kognitif anak dari usia 4-6 tahun di SKB Kota Serang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa sebagian besar anak usia 4- 6 tahun banyak mengalami perkebmbang kognitif, Sehingga pada usia 0-6 tahun anak dalam masa Golden Age (masa keemasan) harus mendapatkan perhatian yang lebih besar untuk pertumbuhan dan perkembangan kognitifnya.
Kata Kunci:Â Kognitif,kemampuan, perkembangan
References
Agustin, N., & Yusiyaka, R. A. (2024). ANALISIS SISTEM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI SPNF-SKB KABUPATEN BOGOR. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 7(1).
Amalia & Sa’diyah. (2015). Bercerita sebagai Metode Mengajar Bagi Guru Raudhatul Athfal Dalam Mengembangkan kemampuan Dasar Bahasa AUD. Jurnal STAIN Kudus Volume 3 Nomor 2.
Ariyanti. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar Voulme 8 No 1.
Bela, I. R. (2023). Stimulasi Kemampuan Mempraktikan Pengalaman Keagaaman Anak Usia Dini Di Satuan Pendidikan Paud Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Way Kanan. Early Childhood Research and Practice, 4(01), 1-4.
Depdiknas (2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional. Depdiknas. Jakarta.
Filtri, H. (2018). Perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di tinjau dari tingkat pendidikan ibu di PAUD kasih ibu kecamatan rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 169-178.
Hasyim. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam. Jurnal Lentera, Volume 1 Nomor 2, ISSN : 1693-6922.
Hilmiy, A., & Sa'di, K. (2024). Evaluasi Program Komunitas Pemuda Lentera Terhadap Keberlangsungan Pendidikan Non Formal di Daerah Pesisir Studi Kasus (Taman Baca Pelangi Desa Kwang Rundun Lombok Timur). Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 10(2), 148 - 158. doi:https://doi.org/10.33394/jtni.v10i2.12979
Hilmiy, A., & Sa'di, K. (2024). Evaluasi Program Komunitas Pemuda Lentera Terhadap Keberlangsungan Pendidikan Non Formal di Daerah Pesisir Studi Kasus (Taman Baca Pelangi Desa Kwang Rundun Lombok Timur). Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 10(2), 148 - 158. doi:https://doi.org/10.33394/jtni.v10i2.12979
Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Al-athfaal: jurnal ilmiah pendidikan anak usia dini, 3(1), 69-82.
Laksana, D. N. L., Jau, M. Y., & Ngonu, M. R. (2021). Aspek perkembangan kognitif anak usia dini. ASPEK Perkemb. ANAK USIA DINI, 8.
Latif. (2016). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia. Indarwati,Anis. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Melalui Beberapa Metode. Jurnal Psycho Idea, Tahun 15. No.2, ISSN 1693-1076.
Mutiara Hijayanti, T. (2013). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Tradisional dan Kemampuan Berpikir Kritis di Paud Binaan Uptd SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang (Doctoral dissertation, universitas sultan ageng tirtayasa).
Novitasari, Y. (2017). Development of child activity sheet by using the scientific approach at ethnic subtheme to introduce Indonesian cultural variety. In Proceeding the 1st International Conference on Education Innovation (Vol. 1, No. 1, pp. 116-120).
Novitasari, Y. (2018). Analisis permasalahan" Perkembangan kognitif anak usia diniâ€. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82-90.
Putra, B., & Sa'di, K. (2023). Peran Taman Pendidikan Al-Quran Hidayaturrasyidin Dalam Pembentukan Karakter Anak di Dusun Montong Buwuh. Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 9(2), 167 - 178. doi:https://doi.org/10.33394/jtni.v9i2.8788
Setyaningrum, S. R., Triyanti, T., & Indrawani, Y. M. (2014). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini dengan perkembangan kognitif pada anak. Kesmas, 8(6), 243-249.
Sulastri, N. M. (2021). Identifikasi Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 7(1), 17-21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License Term
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.