Pengaruh Pelayanan Perpustakan Desa Terhadap Karakter Gemar Membaca Siswa SDN 020 di Desa Sibuak Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar

Authors

  • Raihan Universitas Riau, Indonesia
  • Daeng Ayub Universitas Riau, Indonesia
  • Dafetta Fitrilinda Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.15453

Keywords:

Library Services, character likes to read, Pelayanan Perpustakaan, Karakter Gemar Membaca

Abstract

Abstract: In today's digital era, with the invasion of entertainment media such as television and gadgets, elementary school students are more likely to choose to enjoy entertainment than reading books, there are still a lot of students who are lazy to come to the library and are lazy to borrow books in the library, reading is a very important function in life. All learning processes are based on reading ability, This study aims to find out that there is a significant and positive influence of Village Library Services on the reading character of SDN 020 Sibuak Village, Tapung District, Kampar Regency, This type of research is quantitative using the ex-post facto method. The population of this study is 109 students of SDN 020 in Sibuak Village, Tapung District, Kampar Regency. The research sample was 53 students of SDN 020 in Sibuak Village who were selected using the Random Sampling method, with the help of SPSS version 25, the data analysis used in this study was descriptive statistical analysis and inferential descriptive analysis. The results of the study show that there is a significant and positive influence between the variable of library service (X) on the reading character (Y) of the Sibuak village apparatus, Tapung District, Kampar Regency, which has a large influence of 57.40% with moderate interpretation, and there is still 42.60% which is determined by other factors and is not part of this study.

Abstrak: Di era digital saat ini, Dengan serbuan media hiburan seperti televisi dan gadget, siswa sekolah dasar lebih cenderung memilih menikmati hiburan dari pada membaca buku, Masih banyak siswa yang kurang termotivasi untuk datang ke perpustakaan maupun meminjam buku yang tersedia di sana. Padahal, membaca memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan. Hampir seluruh proses pembelajaran bergantung pada kemampuan membaca. ,Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pelayanan perpustakaan desa terhadap karakter gemar membaca sisws SDN 020 Desa Sibuak Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar,Jenis penelitian ini yakni kuantitatif dengan menggunakan metode ex- post facto. Populasi penelitian ini adalah  siswa SDN 020 Di Desa Sibuak Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar sebanyak 109 siswa. Sampel penelitian sebanyak 53 siswa SDN 020 Di Desa Sibuak yang dipilih dengan metode Random Sampling, dengan bantuan SPSS versi 25, Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel pelayanan perpustakaan (X) terhadap karakter gemar membaca (Y) pada siswa sdn 020 Sibuak, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar. Besarnya pengaruh tersebut adalah 57,40% dengan kategori sedang, sedangkan sisanya sebesar 42,60% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

References

Anwar Chairul. (2017). Teori-teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer, Yogyakarta: IRcISOD, Hal. 13

Dewi, M. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Perpustakaan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Samudra. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 4(1).

Dewi, M. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Perpustakaan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Samudra. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 4(1).

http://repository.radenintan.ac.id/14455/1/PERPUS%20PUSAT%20BAB%201%20DAN%202.pdf

Khusnul Laely, (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Media Kartu Gambar, Vol.7 Edisi 2, h.305

Khusnul Laely, (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Media Kartu Gambar, Vol.7 Edisi 2, h.305

Manaf, S. (2022). Studi Tentang Layanan Perpustakaan di Perguruan Tinggi Keagamaan. Jurnal Dewantara, 13(01), 46-63

Manaf, S. (2022). Studi Tentang Layanan Perpustakaan di Perguruan Tinggi Keagamaan. Jurnal Dewantara, 13(01), 46-63

Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 395-407.

Rahayu, L. T. A. I. (2016). Hubungan minat membaca dan motivasi belajar dengan hasil belajar materi menulis karangan pada warga belajar kejar paket C di PKBM AL-Firdaus Kabupaten Serang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 1(2).

Sarliati, S., Arfin, A., & Kabiba, K. (2020). Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa Di SMP Negeri 5 Kendari. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP), 1(1), 19-26.

Sarliati, S., Arfin, A., & Kabiba, K. (2020). Pengaruh Pelayanan Perpustakaan

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung

Terhadap Minat Baca Siswa Di SMP Negeri 5 Kendari. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP), 1(1), 19-26.

Tesa, P. (2021). Pengelolaan Pelayanan Perpustakaan Di Smpn 21 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Tesa, P. (2021). Pengelolaan Pelayanan Perpustakaan Di Smpn 21 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Downloads

Published

2025-09-15

How to Cite

Raihan, Ayub, D., & Fitrilinda, D. (2025). Pengaruh Pelayanan Perpustakan Desa Terhadap Karakter Gemar Membaca Siswa SDN 020 di Desa Sibuak Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 11(2), 426–435. https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.15453

Issue

Section

Articles

Citation Check