Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka Terhadap Karakter Disiplin Peserta Didik SMPN 2 Ujung Batu
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.15570Keywords:
Extracurricular Activities, Discipline Character., Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka, Karakter DisiplinAbstract
Abstract: This study has the following objectives: 1) To measure the level of extracurricular activities of SMPN 2 Ujung Batu students 2) To measure the level of discipline character of SMPN 2 Ujung Batu students 3) To see how much influence the scouting extracurricular activities have on the discipline character of SMPN 2 Ujung Batu students. This study uses a quantitative research model of the ex post facto type. The group analyzed consisted of 85 students who participated in the scouting extracurricular. The sampling method was carried out through simple random sampling, where all members of the population had an equal chance of being part of the sample. This method was chosen because of the uniformity of the participants, most of whom were elderly. Based on the Slovin formula, 71 learners were taken as samples. The results of the analysis showed that scouting extracurricular activities had a 38% effect on discipline character, while the other 62% was influenced by other factors that were not part of this study.
Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: 1) Mengukur tingkat keaktifan kegiatan ekstrakulikuler Peserta Didik SMPN 2 Ujung Batu 2) Mengukur tingkat karakter disiplin peserta didik SMPN 2 Ujung Batu 3) melihat seberapa besar pengaruh Kegiatan ekstrakulikuler pramuka terhadap karakter disiplin peserta didik SMPN 2 Ujung Batu. Kajian ini memakai model penelitian kuantitatif bertipe ex post facto. Kelompok yang dianalisis terdiri atas 85 orang peserta didik yang mengikuti ekstrakulikuler pramuka. Metode penarikan sampel dilakukan melalui random samping, di mana seluruh anggota populasi memiliki kemungkinan yang setimpal untuk menjadi bagian dari sampel. Metode ini dipilih karena keseragaman partisipan yang sebagian besar berusia lanjut. Berdasarkan rumus Slovin, sampel yang diambil sebanyak 71 peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakulikuler pramuka berpengaruh sebesar 38% terhadap karakter disiplin sedangkan 62% lainnya di pengaruhi oleh factor lain yang bukan menjadi dari penelitian ini.
References
Irmawati, R. H. (2022). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Roudlotul Hidayah Kota Bangun (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. (2024). Kebijakan Pendidikan Kepramukaan Dalam Kurikulum Merdeka. Diakses Dari Kemdikbud.Go.Id.
Lampiran, I. V. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013. Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran.
Mu'arif, S. A. M. Pengaruh Keikutsertaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Sikap Kepemimpinan Siswa Kelas IX MTS SA Raudhatut Tauhid (Bachelor's thesis, Muhamad Azhar Syarif).
Mustofa, I. (2020). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dan Kepatuhan Tata Tertib Madrasah terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas VIII MTs Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Pramuka, K. N. G. Analisis Pendidikan Karakter Yang Terkandung Dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Akhlak Islami.
Riduwan Dan Sunarto. (2017). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, Dan Cara Mudah Menulis Artikel Pada Jurnal Internasional).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, L., Hasnawati, H., & Zen, W. L. (2022). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Di Sma Negeri 13 Padang. Produ: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License Term
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.