Penggunaan Smartphone dalam Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Authors

  • Yoel Adikasa Universitas Riau, Indonesia
  • Eddy Noviana Universitas Riau, Indonesia
  • Viony Syafitra Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.15794

Keywords:

Smartphone Usage, Learning Motivation, Community Education., Penggunaan smartphone, motivasi belajar, pendidikan masyarakat.

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to determine how the use of smartphones motivates the learning outcomes of students in community education at the Faculty of Teacher Training and Education, Riau University. This study is a descriptive research using a qualitative approach. The research was conducted at the Faculty of Teacher Training and Education, Riau University, and data collection was carried out using documentation, observation, and interviews involving 3 (three) informants as research subjects. Furthermore, to search and organize the data, data analysis techniques were used in the form of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The result of this study is that the use of smartphones has a significant role in increasing students' learning motivation. Optimal smartphone use, such as accessing lecture materials, seeking additional references, and participating in academic discussions, can encourage students to learn more independently and actively.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan smartphone dalam memotivasi hasil belajar mahasiswa pendidikan masyarakat fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas riau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau yang pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara dengan melibatkan 3 (tiga) informan sebagai subjek penelitian. Seterusnya untuk mencari dan menyusun data digunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah penggunaan smartphone memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Penggunaan smartphone secara optimal, seperti untuk mengakses materi kuliah, mencari referensi tambahan, serta berpartisipasi dalam diskusi akademik, dapat mendorong mahasiswa untuk belajar secara lebih mandiri dan aktif.

References

Amalia, L., Astuti, D. A., Istiqomah, N. H., Hapsari, B., & Daniar, A. S. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif. Cahya Ghani Recovery.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asri, A. (2024). Efek Motivasi Belajar Lingkungan Keluarga dan Pemanfaatan Internet Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 10(2), 452-466.

Ginting, R. (2019). Pengaruh Intensitas Belajar Terhadap Motivasi Mahasiswa. Jakarta: Prenadamedia Group.

Lince, L. (2022, May). Implementasi kurikulum merdeka untuk meningkatkan motivasi belajar pada sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai (Vol. 1, pp. 38-49).

Nur, A., & Utami, F. Y. (2022). Proses dan langkah penelitian antropologi: Sebuah literature review. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya, 3(1), 44-68.

Nur, M. M. (2023). Evaluasi Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA dalam Pembelajaran Biologi di MAN 1 Halmahera Tengah. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 2(1), 22-32.

Rambe, A. H. (2021). Media Dan Sumber Belajar Di MI/SD.

Rambe, P., & Bere, A. (2013). Using mobile instant messaging to leverage learner participation and transform pedagogy at a South African University of Technology. British Journal of Educational Technology, 44(4), 544–561.

Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian kualitatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9680-9694.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Tricahayu, B., Sari, M., Siregar, A. R. P., & Widyati, N. A. (2024). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 3725-3731.

Uno, H. B. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan pendekatan PAILKEM: pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Bumi Aksara.

Warsita, B. (2006). Kecenderungan global dan regional dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan. Jurnal Teknodik, 069-098.

Downloads

Published

2025-09-15

How to Cite

Adikasa, Y., Eddy Noviana, & Viony Syafitra. (2025). Penggunaan Smartphone dalam Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 11(2), 505–512. https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.15794

Issue

Section

Articles

Citation Check