Penggunaan Google Classroom dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat Angkatan 2024
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.15826Keywords:
Google Classroom, Learning Effectiveness, Community Education, Google Classroom, Efektivitas Pembelajaran, Pendidikan MasyarakatAbstract
Abstract: This study aims to 1) Describe how the use of Google Classroom helps improve the effectiveness of learning for students of the Community Education Study Program, Class of 2024, Faculty of Teacher Training and Education, University of Riau. 2) Describe how students of the Community Education Study Program, Class of 2024, Faculty of Teacher Training and Education, University of Riau utilize Google Classroom features to support the learning process?. To find out and analyze the use of Google Classroom in improving the effectiveness of learning for students of the Community Education Study Program, Class of 2024, Faculty of Teacher Training and Education. This research is a type of descriptive research using a qualitative approach. This research was conducted at the Faculty of Teacher Training and Education, University of Riau, where data collection was carried out using documentation, observation and interviews involving 3 (three) informants as research subjects. Furthermore, to find and compile data, data analysis techniques were used in the form of data reduction, data presentation, and drawing conclusions.
Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk 1) Mendeskripsikan bagaimana penggunaan Google Classroom dalam membantu peningkatan efektivitas pembelajaran mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat Angkatan 2024 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 2) Mendeskripsikan bagaimana mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat angkatan 2024 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau memanfaatkan fitur-fitur Google Classroom untuk mendukung proses pembelajaran?. Untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan Google Classroom dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat Angkatan 2024 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau yang pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara dengan melibatkan 3 (tiga) informan sebagai subjek penelitian. Seterusnya untuk mencari dan menyusun data digunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
References
Andriani, A., & Saragih, R. (2020). SEIKO : Journal of Management & Business The Effect Of Work Discipline And Supervision On Employee Performance At PT. Telkom Division Of Regional II Jabodetabek. Journal of Management & Business, 3(3). www.aturduit.com
Arifah, Mir’atun Nur, Dan Wahyuningsih Wahyuningsih. “Peran Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi Keguruan Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam.” J-Pai: Jurnal Pendidikan Agama Islam 9, No. 1 (30 Desember 2022) Https://Doi.Org/10.18860/Jpai.V9i1.17594.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.
Farmi, R. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 72 Banda Aceh (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena).
Huda, M. (2016). Implementasi evaluasi hasil belajar pendidikan agama Islam ranah afektif di SMPN 1 Tanara Serang Banten (Bachelor's thesis).
Indah, M. (2023). Pengembangan LKPD Interaktif dengan Liveworksheet Berbasis Model Discovery Learning pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (Doctoral dissertation, Universitas Lampung).
Nana Sudjana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rohman, M.F. (2027). Google Classroom: Jadikan Kelas Digital di Genggaman Anda. Bojonegoro: Penerbit Pustaka Intermedia
Rusman. (2020). Model-model pembelajaran dalam era digital. Rajawali Pers.
Sarwono, S. W. (2012). Psikologi lintas budaya. Rajawali Pers.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. (2011). Psikologi kepribadian. Rajawali Pers.
Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Analisis Efektifitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Minggu Buddha Di Masa Pandemi COVID-19. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 166-174.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License Term
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.