Implementasi Pendekatan Andragogi Untuk Meningkatkan Kemandirian Santriwati di Pondok Putri Ridwan Anwarul Halimy Lombok Barat

Authors

  • Kholisussa'di Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Rofik Jalal Rosyanafi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Budi Purwoko Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.16044

Keywords:

Andragogy, Independence, Female Students, Islamic Boarding School for Girls , Andragogi, Kemandirian, Santriwati, Pondok Putri

Abstract

Abstract: This study aims to assess the implementation of andragogical approaches in the learning and mentoring process at Pondok Putri Ridwan Anwarul Halimy and to evaluate its contribution to increasing the independence of female students. This research uses a descriptive qualitative approach with a case study type. The data collection techniques used in this study include several methods: first, in-depth interviews; second, participatory observation; and third, documentation study. The research results indicate that the andragogical approach proves to be relevant and effective in the context of pesantren education, particularly for fostering independence in adult female students. This model can serve as a reference for similar educational institutions in developing independent, responsible individuals who are ready to face life's challenges.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendekatan andragogi dalam proses pembelajaran dan pembinaan di Pondok Putri Ridwan Anwarul Halimy serta mengevaluasi kontribusinya terhadap peningkatan kemandirian santriwati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui beberapa teknik yaitu pertama, Wawancara mendalam (in-depth interview). Kedua, Observasi partisipatif. Ketiga, Studi dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah pendekatan andragogi terbukti relevan dan efektif dalam konteks pendidikan pesantren, khususnya untuk membina kemandirian santriwati usia dewasa. Model ini dapat dijadikan rujukan bagi lembaga pendidikan serupa dalam membentuk pribadi yang mandiri, bertanggung jawab, dan siap menghadapi tantangan kehidupan.

References

Arifin, B. S. (2015). Psikologi Agama. Bandung: CV Pustaka Setia.

Budiwan, J. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Andragogi). Vol. 10, No. 2.

Chulsum, U., & Novia, W. (2006). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Kashiko.

Hamidah, J. & Syakir, A. (2021). Implementasi Pendekatan Andragogi Spiritual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mandiri Mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 4(2), 358±372. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i2.1376

Helvita, H, Suratman, A., & Sofino. S. (2017). Proses Belajar Mengajar Kursus Komputer Di LP2M El Rahma Kota Bengkulu Menggunakan Pendekatan Andragogi. Journal of Community Development (JPM), 1(1).

Ivones, J. (2015). Pengertian Spiritual. Tersedia: https://www.kompasiana.com/nezfine/55004cf3813311275efa76fd/pengertian-spiritual. Diakses pada tanggal 3 Juni 2025.

Paul Forrest, Stephen and Tim O. Peterson. 2006. “It’s Called Andragogy,” Academy of Management Learning & Education 5, no. 1

Rosidin. (2013). Konsep Andragogi dalam Al Quran, Sentuhan Islami pada Teori dan Praktik Pendidikan Orang Dewasa. Malang: Litera Ulul Albab.

Sa’di. Kholisus, Yani. A, Daher. IS. (2022). Implementasi Pendidikan Nonformal Dalam Meningkatkan Program Muhadarah Santriwati Di Pondok Putri Anwarul Halimy. Jurnal Realita Bimbingan dan Konseling (JRbk). Volume 7 Nomor 2 Edisi Oktober 2022. https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.6625

Sujarwo. (2015). Strategi Pembelajaran Partisipatif Bagi Belajar Orang Dewasa (Pendekatan Andragogi). Majalah Ilmiah Pembelajaran.

Downloads

Published

2025-09-15

How to Cite

Kholisussa’di, Rosyanafi, R. J., & Purwoko, B. (2025). Implementasi Pendekatan Andragogi Untuk Meningkatkan Kemandirian Santriwati di Pondok Putri Ridwan Anwarul Halimy Lombok Barat. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 11(2), 312–321. https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.16044

Issue

Section

Articles

Citation Check