Inovasi Digital dalam Manajemen Sekolah di Era Globalisasi: Meningkatkan Kinerja Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.16053Keywords:
Digital Innovation, School Management, Educational Performance, Inovasi Digital, Manajemen Sekolah, Kinerja PendidikanAbstract
Abstract: This study aims to analyze the application of Management Information System through digital innovation as an education modernization strategy. The main focus of this study is to analyze the extent to which the effectiveness of the role of digitization in improving the efficiency of school management as well as identifying factors of educational performance. The study used a qualitative approach with data collection in the form of literature studies. The method of collecting data by searching or extracting data from the literature related to what is intended in the formulation of the problem. The Data was obtained using a database from google Scholar and from the websites of journals or articles that are already available. The data obtained were then analyzed by descriptive analysis method. The results showed that digital innovation has had a positive impact on educational performance which has accelerated access to academic data and work time efficiency, especially in managing student and teacher data. In addition, administrative efficiency also increases along with the implementation of technology-based management systems. The use of digital systems, although still Limited, has helped speed up the data management process and reduce errors that occurred in previous manual systems.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Sistem Informasi Manajemen (SIM) melalui inovasi digital sebagai strategi modernisasi pendidikan. Fokus utama kajian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana efektivitas peran digitalisasi dalam meningkatkan efisiensi manajemen sekolah serta mengidentifikasi faktor kinerja pendidikan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data berupa studi literatur. Metode pengumpulan data dengan mencari atau menggali data dari literature terkait apa yang dimaksudkan dalam rumusan masalah. Data diperoleh dengan menggunakan data base dari google schoolar dan dari situs-situs jurnal atau artikel yang sudah tersedia. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi digital telah membawa dampak positif terhadap kinerja pendidikan yang mana telah terjadinya percepatan akses data akademik dan efisiensi waktu kerja, terutama dalam pengelolaan data siswa dan guru. Selain itu, efisiensi administrasi juga meningkat seiring dengan penerapan sistem manajemen berbasis teknologi. Penggunaan sistem digital meskipun masih terbatas, telah membantu mempercepat proses pengelolaan data dan mengurangi kesalahan yang terjadi dalam sistem manual sebelumnya.
References
Ahdan, S., Sucipto, A., Priandika, A. T., Setyani, T., Safira, W., & Sari, K. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru SMK Kridawisata di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pengelolaan Sistem Pembelajaran Daring. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(2), 390–401. https://doi.org/10.29407/ja.v5i2.15591
Azizah, A. L., & Tiadilona, W. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 75–84. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.81
Bagus. (2002). Sistem Informasi Manajemen Edisi Kesepuluh. (Terjemahan Bob Widyohartono). In Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo (pag. 52).
Burhan, B., Nurwidyayanti, N., Irwandi, A., Shaleh, N. F., Pabulo, K., & Rahmadhanningsih, S. (2023). Analisis Penerapan Manajemen Sekolah Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 23(2), 450–464. https://doi.org/10.35965/eco.v23i2.2889
Didi Pianda. (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja, Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. In Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=d7VsDwAAQBAJ&oi=fnd&pg= PP1&dq=kinerja+guru&ots=gqxoa8HhT- &sig=kIB57w2Z7anJseT60gRToVWhXdc&redir_esc=y#v=onepage&q=kinerja guru&f=false.
Elisvi, J., Archanita, R., Wanto, D., & Warsah, I. (2020). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Di Smk It Rabbi Radhiyya Masa Pandemi Covid-19. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2). https://doi.org/10.24235/tarbawi.v5i2.6721
Idrus, A., & Apdelmi. (2017). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Layanan Administrasi Akademik Bagi Guru dan Staf Administrasi SMPN 21 Batanghari. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 1(1), 28–34.
Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52.
Lestari, P. (2017). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Di Smk Negeri Karangpucung Kabupaten Cilacap. Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa …, 5(1), 61–68. https://jurnal.unigal.ac.id/adpen/article/view/145%0Ahttps://jurnal.unigal.ac.id/adpen/article/download/145/134
Masinambow, C. J. R., Lengkong, J. S. J., & Rotty, V. N. J. (2025). Inovasi Digital dalam Manajemen Sekolah : Meningkatkan Kinerja Pendidikan di Era Teknologi. 16(1), 8–17.
Mulyana, A., & Sudarjo, J. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Komputer DanImplementasi Penggunanan Fasilitas Terhadap KebijakanPendidikan Dan Peningkatan Mutu Mengajar Guru SekolahMengah Kejuruan (Smk) Al-Falah Bandung. Manners, III(1), 73–90.
Mustaqim Hasan, A. A. (2024). Penerapan manajemen mutu terpadu terhadap efisiensi administrasi sekolah dalam meningkatkan akreditasi unggul di mts al hidayah marga agung lampung selatan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 217–232. https://doi.org/P-ISSN: 2252-8970 E-ISSN: 2581-1754
Prameswari, C. D., Hakim, A. R., Indonesia, U., Maret, U. S., Islam, U., Sunan, N., & Djati, G. (2025). Manajemen Pendidikan dalam Konteks Sekolah Digital : Karakteristik dan Implementasinya. 1, 95–101.
Solechan, S. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Di Smp Islam Terpadu Al Ummah Jombang. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(1), 8–19. https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i1.56
Suharti, T. (2025). Penerapan Sistem Informasi Manajemen sebagai Upaya Modernisasi Administrasi Pendidikan di Madrasah. 3(1), 65–74.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License Term
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.