Peran Tutor dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Bermakna bagi Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.16155Keywords:
Tutor, Learning Environment, Early Childhood, ECE, Meaningful Learning, Tutor, Lingkungan Belajar, Anak Usia Dini, PAUD, Pembelajaran BermaknaAbstract
Abstract : This study aims to analyze and explain the role of tutors in creating a meaningful learning environment for early childhood at the Mamba’ul Huda Educational Foundation in Sidoarjo Regency. A meaningful learning environment is key to supporting children's growth and development, especially during the golden age. This research employs a qualitative approach with a descriptive method and data collection techniques including observation, interviews, and documentation. The findings reveal that tutors serve as adaptive facilitators, child development observers, emotional guides, classroom dynamics managers, and communication bridges between children, parents, and the institution. Additionally, tutors are able to implement individualized strategies and meaningful learning approaches tailored to the needs of the children. Despite facing challenges such as limited facilities, a small number of tutors, and diverse backgrounds of the children, tutors consistently demonstrate creativity and resilience in managing the learning process. This study concludes that the strategic role of tutors is crucial in creating early childhood education that is humanistic, contextual, and sustainable.
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan peran tutor dalam menciptakan lingkungan belajar yang bermakna bagi anak usia dini di Yayasan Pendidikan Mamba’ul Huda Kabupaten Sidoarjo. Lingkungan belajar yang bermakna menjadi kunci dalam mendukung tumbuh kembang anak, terutama pada masa golden age. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tutor berperan sebagai fasilitator adaptif, pengamat perkembangan anak, pembimbing emosional, pengelola dinamika kelas, serta penghubung komunikasi antara anak, orang tua, dan lembaga. Selain itu, tutor mampu menerapkan strategi individualisasi dan pembelajaran bermakna yang disesuaikan dengan kebutuhan anak. Meskipun menghadapi sejumlah tantangan seperti keterbatasan sarana, jumlah tutor yang minim, serta variasi latar belakang anak, tutor tetap menunjukkan kreativitas dan ketangguhan dalam mengelola proses belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran strategis tutor sangat penting dalam menciptakan pendidikan anak usia dini yang humanis, kontekstual, dan berkelanjutan.
References
Abdussamad Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (R. Patta (ed.)). CV. Syakir Media Press. https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/8793/Buku-Metode-Penelitian-Kualitatif.pdf
Abubakar Rifa’i. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Anak, P., & Dini, U. (n.d.). Menciptakan Lingkungan Belajar Aman dan Nyaman di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. 754–767. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.14536
Fauziyah, C., Fitri, R., Matheos, Y., & Malaikosa, L. (2025). Analisis pendidikan karakter pada anak usia dini melalui interaksi sosial dan pengenalan numerasi sejak dini. 11(1), 590–597.
Ma’rifah, L. Z., Danugiri, D., & Santika, T. (2022). Peran Tutor Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini Pada Pembelajaran Daring di PAUD Qolbun Salim Muara Gembong Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(13), 247–256.
Muna, M., Masitoh, S., & Setyowati, S. (2021). Peran Guru dalam Optimasi Perkembangan Sikap Disiplin Anak Usia Dini. 9, 355–362. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.38329
Pahleviannur, M. R. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Sukmawati Fatma (ed.)). CV. Pradina Pustaka Grup. https://www.researchgate.net/profile/Eko-Susanto-11/publication/359425234_Metodologi_Penelitian_Kualitatif/links/628e5e198d19206823da57f9/Metodologi-Penelitian-Kualitatif.pdf
Putri, A. R., Djuwita, E., & Wiswanti, I. U. (2024). The Role of Age and Imaginative Play as Predictors of Cognitive Flexibility in Preschool-Aged Children. Journal of Family Sciences, 86–98. https://doi.org/10.29244/jfs.vi.49946
Raihana, R., Alucyana, A., Utami, D. T., Nisa, K., & Fitri, S. A. (2023). Peran Karakter Pendidik PAUD dalam Proses Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7819–7825. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5883
Sari, F., Basri, H., & Bone, N. (2024). UPAYA GURU DALAM PENANAMAN KEDISIPLINAN PADA KABUPATEN BONE. 5(2), 61–73.
Sirajuddin, S. (2023). MENGENAL PENELITIAN KUALITATIF Panduan bagi Peneliti Pemula. AGMA. https://eprints.unm.ac.id/33391/1/Buku Referensi Mengenal Penelitian Kualitatif.pdf
Tanto, O. D., Weyara, S., Saputri, D., Hapsari, S. M., Tittandi, N. A., Zulaikhah, S., & Jember, U. (2024). Interpertasi Fungsi Pendidikan Informal sebagai Dasar Penyelenggaraan Pembelajaran PAUD. 4(20), 1525–1538.
Wahyuni Sri. (2022). Metodologi Penelitian2 Kualitatif (N. Yuliatri (ed.)). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. https://www.researchgate.net/profile/Anita-Maharani/publication/359652702_Metodologi_Penelitian_Kualitatif/links/6246f08b21077329f2e8330b/Metodologi-Penelitian-Kualitatif.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License Term
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.