Peningkatan Kompetensi Digital Pendidik Melalui Pelatihan Artificial Intelligence (AI) PAUD Aba Percontohan Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.16159Keywords:
Digital Competence, Digital Training, Early Childhood, Kompetensi Digital, Pelatihan Digital, Anak Usia DiniAbstract
Abstract: Digital transformation in the education sector requires teachers to master the latest technology, including artificial intelligence (AI). Early childhood education as a basis for learning requires teachers who can adapt to technological advances in order to create innovative and interesting learning experiences for children. However, there are still many PAUD educators who have difficulty integrating digital technology into teaching and learning activities. To meet this need, PAUD ABA Perpilotan Bojonegoro in collaboration with Bojonegoro ICT Volunteers held a training on "Introduction and Utilization of Artificial Intelligence in PAUD Learning" on April 26, 2025. This training aims to improve the digital skills of teachers by understanding the basic concepts of AI, how AI works, the application of generative AI, and the use of various AI-based tools to support the development of teaching materials and learning media. With a composition of 70% practical and 30% theoretical, this training seeks to equip educators with skills appropriate to the 21st century, support educational transformation that is in line with technological developments, and improve the quality of learning in PAUD.
Abstrak: Transformasi digital dalam sektor pendidikan mengharuskan para pengajar untuk menguasai teknologi terbaru, termasuk kecerdasan buatan (AI). Pendidikan anak usia dini sebagai dasar pembelajaran memerlukan pengajar yang dapat menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi guna mewujudkan pengalaman belajar inovatif serta menarik untuk anak-anak. Namun, masih terdapat banyak pendidik PAUD yang mengalami kesulitan dalam mengintegrasikan teknologi digital ke dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk memenuhi kebutuhan ini, PAUD ABA Percontohan Bojonegoro bekerja sama dengan Relawan TIK Bojonegoro mengadakan pelatihan "Pengenalan dan Pemanfaatan Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran PAUD" pada tanggal 26 April 2025. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan digital para pengajar dengan memahami konsep dasar AI, cara kerja AI, penerapan AI generatif, serta penggunaan berbagai alat berbasis AI untuk mendukung pengembangan materi ajar dan media pembelajaran. Dengan komposisi 70% praktis dan 30% teori, pelatihan ini berusaha membekali para pendidik dengan keterampilan yang sesuai di abad ke-21, mendukung transformasi pendidikan yang selaras dengan perkembangan teknologi, dan meningkatkan mutu pembelajaran di PAUD.
References
Arum, W., Sari, S., & Lestari, B. P. (2025). Tantangan dan Solusi Etis dalam Transformasi Pembelajaran PAUD. 72–81.
Assyifa, A. Y. D. (2020). Peran bimbingan belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa; studi kasus siswa kelas ix SMP Negeri 2 Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Daulay, M. I., Daulay, D. H., Pahlawan, U., Tambusai, T., Artikel, R., & Tradisional, P. (2025). Pemanfaatan artificial intelligence (ai) untuk anak usia dini. 5(1), 158–167.
Fadjarajani, S., Indrianeu, T., Haekal, T. M., Purnama, Y. I., Abdullah, G., Saleh, M., Hasanudin, C., Srinawati, W., Kurniawan, P. Y., & Riyanto, S. (2020). Media Pembelajaran Transformatif. Gorontalo: Ideas Publishing.
Gillani, N., Eynon, R., Chiabaut, C., & Finkel, K. (2023). Unpacking the “Black Box” of AI in Education. Educational Technology and Society, 26(1), 99–111. https://doi.org/10.30191/ETS.202301_26(1).0008
Ida, R. (2023). Research in Early Childhood ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI : Research in Early Childhood Education and Parenting, 4(2), 91–96. https://ejournal.upi.edu/index.php/RECEP/article/view/64654
Jayawardana, H. B. . (2023). Potensi Penerapan Pembelajaran Berbasis AI (Artificial Intelligence) di PAUD. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(1), 251–255. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1515
Khosibah, S. A., Rahmaningrum, A., & Kusumawardani, C. T. (2025). Potensi dan Praktik Literasi Artificial Intelligence (AI) dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia: Systematic Literature Review. Jurnal Edukasi AUD, 11(1), 55–69. https://doi.org/10.18592/jea.v11i1.16329
Latifa, I., & Pribadi, F. (2021). Peran Lembaga Pendidikan Nonformal dalam Mengatasi Pengangguran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 3(3), 137–146.
Legi, H., Riwu, M., & Hermanugerah, P. (2023). Pembelajaran Transformatif Kurikulum Merdeka di Era Digital. Journal Education Innovation (JEI), 1(1), 60–68.
Marbun, P. (2019). Strategi pembelajaran transformatif. Diegesis: Jurnal Teologi, 4(2), 41–49.
Mariani, E. (2020). Pemikiran Henry A. Giroux tentang Pendidikan Kritis, Peran Guru sebagai Intelektual Transformatif dan Relevansinya bagi Pembelajaran pada Sekolah di Indonesia. Driyarkara School of Philosophy.
Mulyadi, B. (2014). Model pendidikan karakter dalam masyarakat Jepang. Jurnal Izumi, 3(1), 69–80.
Mutmainnah, M., Caroline, N., & Margawati, M. (2025). Penggunaan AI sebagai Media Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini. 7(01), 62–70.
Oktavianti Nendra Utami, Khoirunnisa Endah Setiawati, Eka Salma Dina, Mau’idi Hafida, & Unik Hanifah Salsabila. (2023). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 46–54. https://doi.org/10.37286/ojs.v9i1.218
Pendidikan, J. W., Falasifah, F., Yadi, N., Halimah, L., Indonesia, P., & Cibiru, K. (2025). Strategi Peningkatan Kompetensi Guru Di Era Digital Untuk Sekolah Dasar 1. 12(1), 229–240.
Putri, M. S., & . C. (2021). Transformasi Lingkungan Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 408. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.38491
Rahman, D. (2024). Efektivitas Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Lembaga Pendidikan. Journal of Management Education, 3(2), 210–224.
Sianturi, R., Aini, N., & Khaerunnisa, G. (2022). Konsep standar dan ruang lingkup Pengelolaan pendidikan. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 54–64.
Solichah, N., & Shofiah, N. (2024). Artificial Intelligence ( AI ) Literacy in Early Childhood Education : A Scoping Review Literasi melalui Artificial Intelligence ( AI ) dalam Pendidikan Anak Usia Dini : Tinjauan Pelingkupan. 29, 173–190. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol29.iss2.art1
Sukarno, S., Ramadhika, B., & Karma, C. P. F. (2024). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar sebagai Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 314–321. https://doi.org/10.37478/abdika.v4i2.3815
Syakhrani, A. W., Bahrianti, B., Dewi, D., Mahmudah, M., & Rahmadina, E. (2022). Sistem Pendidikan Di Negara China. Adiba: Journal of Education, 2, 413–420.
Taib, E. N., Islam, U., Banda, N. A., & Group, F. (2024). POLA DAN TAHAPAN PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE ( AI ) DALAM PENYUSUNAN. 12(1), 91–101.
Utina, M. R., Yetty, & Samiun, M. Z. M. (2023). Pengaruh Indeks Pendidikan, Indeks Kesehatan dan Pertumbuhan Penduduk Terhadap Tingkat Kemiskinan di Provinsi Maluku Utara. JEPA: Jurnal Ekonomi Pembangunan, Unkhair, 14(1), 1–19. https://doi.org/10.60201/jepa.v14i1.6147
Winarti, W., Nurhayati, S., Rukanda, N., Musa, S., Jabar, R., & Rohaeti, E. E. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru PAUD dalam Mengelola Pembelajaran Daring Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5621–5629. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3111
Yudha, R. P., Aisyah, S., Ngili, A. E., Hetraria, T. S., Rumsiti, T., Kurniawati, R. D., & Nurfida, N. (2024). Pengembangan Profesionalisme Guru PAUD Melalui Pelatihan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(3), 542–548. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i3.861
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License Term
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.