Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelatihan Tata Rias di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Kediri

Authors

  • Putri Nilasari universitas negeri surabaya, Indonesia
  • Sheilla Aprisa Hazrahmana Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Muzaroh Artikasari Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Novita Salsabila Azzahra Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Carissa Fidela Putri Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Heryanto Susilo Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Tri Qulya’ Qordriyanti Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.16166

Keywords:

Demonstration Method, Make Up Artist, Non-formal Education, Metode Demonstrasi, Make Up Artist, Pendidikan Nonformal.

Abstract

Abstract: The beauty industry is experiencing rapid development, especially the Make Up Artist (MUA) profession which is now one of the most sought-after vocational skills. MUA training at the Kediri City Learning Activity Studio (SKB) is part of a life skills education program that aims to equip participants with practical skills that can be applied in the world of work. This study uses a descriptive qualitative approach, data is collected through observation, interviews, and documentation. The results of the study indicate that the demonstration method is effective in helping participants understand make-up techniques systematically through direct observation, practice, and feedback from tutors. Participants showed positive responses in the form of enthusiasm, active participation, and significant skill improvement. Tutors are also able to provide more targeted guidance thanks to direct interaction during the training process. The demonstration method is considered to be in accordance with the characteristics of non-formal education which emphasizes flexibility, active involvement of participants, and orientation towards practice.

Abstrak: Industri kecantikan mengalami perkembangan pesat, khususnya profesi Make Up Artist (MUA) yang kini menjadi salah satu keterampilan vokasional yang banyak diminati. Pelatihan tata rias di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Kediri merupakan bagian dari program pendidikan kecakapan hidup (life skills) yang bertujuan untuk membekali peserta dengan keterampilan praktis yang dapat diterapkan di dunia kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi efektif dalam membantu peserta memahami teknik make up secara sistematis melalui pengamatan langsung, praktik, dan umpan balik dari tutor. Peserta menunjukkan respon positif berupa antusiasme, partisipasi aktif, serta peningkatan keterampilan yang signifikan. Tutor juga mampu memberikan bimbingan yang lebih tepat sasaran berkat interaksi langsung selama proses pelatihan. Metode demonstrasi dinilai sesuai dengan karakteristik pendidikan nonformal yang menekankan fleksibilitas, keterlibatan aktif peserta, dan orientasi pada praktik.

References

Ahmad Chafidut Tamam, & Abdul Muhid. (2022). EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN UBUDIYAH UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA: LITERATURE REVIEW . Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 10(1 SE-Articles), 39–60. https://doi.org/10.52185/kariman.v10i1.195

Astuti, E. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. 3, 671–680.

Ekasari, R. P., Irwanti, M., Bungin, B., & Jamalullail, J. (2024). Makeup Artist Communication Mix Model in Jakarta. Pancasila International Journal of Applied Social Science, 2(02 SE-Articles), 292–311. https://doi.org/10.59653/pancasila.v2i02.623

Faridah, E. S., & Atqiya, H. (2025). The Relationship Between the Demonstration Method and Student Learning Motivation in Fiqh at Said Yusuf Islamic Junior High School. 3(3), 409–424.

Guntur, M., Hayati, Z., & Alfiyanto, A. (2022). Penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan motivasi belajar anak terhadap pelajaran PAI di Kelurahan 12 Ulu Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 26–29.

Misidawati, D. N., Shofwani, S. A., & Hariyadi, A. (2023). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Public Relation. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 40–46.

Muharomah, N. I., & Sahlan, M. (2023). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Mengembangkan Kemampuan Tahsin Al-Qur’an Siswa. Journal Sains Student Research, 1(1), 1027–1037.

Mustika, R. A., Abadi, R. F., & Pratama, T. Y. (2025). Pengembangan media video beauty mustika dalam meningkatkan kemampuan keterampilan tata rias wajah dasar pada siswa tunarungu KELAS X SMALB DI SKH MBU KAB. PANDEGLANG. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(1), 516–532.

Niam, M. F., Rumahlewang, E., Umiyati, H., Dewi, N. P. S., Atiningsih, S., Haryati, T., Magfiroh, I. S., Anggraini, R. I., Mamengko, R. P., & Fathin, S. (2024). Metode penelitian kualitatif.

Nor Habibah, & Muhammad Yasin. (2024). Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. JIMAD: Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan, 2(1 SE-Articles), 19–30. https://doi.org/10.61404/jimad.v2i1.125

Nugraha, P. N., Wismayanti, K. W. D., & Wirantari, I. D. A. P. (2024). Program Pemberdayaan Masyarakat Dalam Rangka Peningkatan Pendidikan Non Formal (Studi Kasus Anak Pedagang Asongan di Kota Denpasar). Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 2(1).

Pritasari, O. K., Faidah, M., Wilujeng, B. Y., Windayani, N. R., & Fernanda, H. F. (2025). Pelatihan Rias Pengantin Internasional Pada Program Double Track di Sekolah Progresif Bumi Sholawat. Surya Abdimas, 9(1), 1–9.

Rohmah, M., Astuti, N., Purwidiani, N., & Bahar, A. (2025). Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pelatihan Pembuatan Brownies Kukus Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler di MAN 2 Mojokerto. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 407–415.

Sapinah, H., & Maryani, K. (2021). Peran Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Serang Sebagai Satuan Pendidikan Nonformal. Parameter, 33(2), 95–113.

Setiawati, D., Sukma, F. F., Murtadlo, W. N., & Firmansyah, A. H. (2024). EFIKASI DIRI LAYANAN DASAR BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP NEGERI 10 SURABAYA. Jurnal Psikologi Revolusioner, 8(5).

Setiawati, & Febrian, R. (2021). Kompetensi Tutor Kejar Paket C dalam Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar . Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 3(3 SE-Articles). https://doi.org/10.52005/belaindika.v3i3.83

Wahyuni, A. N., Rasyad, A., & Widianto, E. (2023). THE INFLUENCE OF ENGLISH TRAINER COMPETENCE ON THE ENGLISH LANGUAGE PROFICIENCY OF TRAINEES IN COMMUNITY LEARNING CENTERS ACROSS BANYUWANGI. 61. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v11i1.117394

Zannah, F. (2024). Pelatihan Media Pembelajaran berbasis IT bagi Tutor PKBM di Kota Palangkaraya. Kayuh Baimbai: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–7

Downloads

Published

2025-09-15

How to Cite

Nilasari, P., Sheilla Aprisa Hazrahmana, Muzaroh Artikasari, Novita Salsabila Azzahra, Carissa Fidela Putri, Heryanto Susilo, & Tri Qulya’ Qordriyanti. (2025). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelatihan Tata Rias di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Kediri. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 11(2), 290–298. https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.16166

Issue

Section

Articles

Citation Check