Kompetensi Ustadzah Melalui Sertifikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Quran Al-Aqsa
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.16226Keywords:
Certification, Female Teacher, Competence, Sertifikasi,Ustadzah, KompetensiAbstract
Abstract: Quranic education plays an important role in shaping the character and morals of the young generation in Indonesia, especially in the Al-Aqsa Quranic Education Park (TPQ). However, the qualilty of learning in TPQ is often hampered by the less than optimal competence of the teaching staff. Therefore, improving the competence of teaching staff through training and certification is very important to ensure the quality of quality Quranic education.The research used to examine the improvement of the competence of female teachers at TPQ Al-Aqsa through certification to improve the quality of learning is descriptive qualitative. In qualitative studies, there are various methods for collecting data, such as observation, interviews, and documentation.This study aims to examine how training and certification programs can improve the competence of teaching staff and ultimately improve the quality off learning in TPQ AL-Aqsa. The result is that certification and training not only provide formal recognition, but also guarantee the quality of teaching of the Qur'an that is more effective and meets standards, producing students who understand the Qur'an better and have noble morals, while also answering the need for competent and professional teaching staff at TPQ Al-Aqsa. It is hoped that this study can contribute to improving the quality of islamic religious education in surabaya and its surroundings.
Abstrak: Pendidikan Al-Quran memegang peranan penting dalam membentuk karakter dan akhlak generasi muda di Indonesia, khususnya di Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Al-Aqsa. Namun, kualitas pembelajaraan di TPQ sering kali terkendala oleh kompetensi tenaga pendidik yang kurang optimal. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi tenaga pendidik melalui diklat dan sertifikasi menjadi sangat penting untuk menjamin mutu pendidikan Al-Quran yang berkualitias. Penelitian yang digunakan untuk mengkaji peningkatan kompetensi ustadzah di TPQ Al-Aqsa melalui sertifikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah kualitatif deskriptif, Dalam studi kualitatif, terdapat berbagai metode untuk mengumpulkan data, seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana progam diklat dan sertifikasi dapat meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan pada akhirnya meningkatkan kualitas pembelajaran di TPQ Al-Aqsa. Hasilnya adalah sertifikasi dan diklat tidak hanya memberikan pengakuan formal, tetapi juga menjamin kualitas pengajaran Al-Qur’an yang lebih efektif dan sesuai standar, menghasilkan santri yang lebih memahami Al-Qur’an dan memiliki akhlak mulia, sekaligus menjawab kebutuhan akan tenaga pendidik yang kompeten dan profesional di TPQ Al-Aqsa Harapannya, penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan agama islamdi surabaya dan sekitarnya.
References
Ahmad Shiddiq. (2022). Pengaruh Metode Wafa dan Profesionalisme Guru Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPQ Al Hidayah (Vol. 4).
Alanshari, M. Z., Ikmal, H., Muflich, M. F., & Khasanah, S. U. (2022a). Implementasi
Alanshari, M. Z., Ikmal, H., Muflich, M. F., & Khasanah, S. U. (2022b). IMPLEMENTASI
Ali Shodiqin. (2025). Ali Shodiqin. (2025) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU DI TPQ.
Amruzziyad. (2025). ANALISIS KEBIJAKAN TENTANG SERTIFIKASI PENDIDIK GURU DAN DOSEN.
Ariyani, R. (2022). Dokumentasi Adalah: Pengertian, Jenis-Jenis dan Keuntungan Menggunakan Metode Dokumentasi. Metodologi Penelitian.
Azis, D. K. (2015). PROFESIONALISME GURU TPQ BAITUL JANNAH.
Dwi Kristanto, Y., & Sri Padmi, R. (2020). Analisis data kualitatif: Penerapan analisis jejaring untuk analisis tematik yang cepat , transparan , dan teliti. Jurnal Koridor, 1(5).
Fadhilah Suragala. (2021). PSIKOLOGI PENDIDIKAN.
GRESIK Hidayatul Islamiyah Siti Amaliati. Jurnal Inspirasi, 5(2), 2021. http://eprints.walisongo.ac.id/558/3/083111014_Bab2.pd
Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 27(3). https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10
Ika Febrianti. (2022). STRATEGI PENGUATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TPQ OLEH BADKO LPQ PUNGGELAN BANJARNEGARA SKRIPSI.
Mardiani, D. P., Fitria, V., & Yulianingsih, W. (2024). Program Transisi PAUD ke SD dalam Perspektif Orang Tua dan Guru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 99–108. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.4939
METODE TALAQQI DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN. In Jurnal Agama
Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur’an. Jurnal Agama Sosisal Dan Budaya, 5(3), 2599–2473.
Nur Hanif Laili. (2010). BADKO TPQ DAN PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU TPQ.
Olevia Nia. (2022). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Melalui Penguatan SDM di Desa Paron, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Pendidikan Agama Islam Al-Amin, J., Maula, I., Prayogi, A., Prayogo Pujiono, I., Fasya, A., & Abdurrahman Wahid Pekalongan, U. K. (2025). Pembinaan Kemampuan Profesional Guru TPQ dalam Pembelajaran Metode Fashohati. 2(1). https://ejournal.staialamin.ac.id/index.php/pai
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Sosisal dan Budaya (Vol. 5). http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/almada/index
Tinggi, S., Tarbiyah, I., & Santri, R. (n.d.). UPAYA YAYASAN AL-ABROR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU TPQ DI KECAMATAN KEBOMAS KABUPATEN
Tola, A., Daeng Pawero, A. M., & Tabiman, N. H. (2020). Pengembangan Religious Culture melalui Manajemen Pembiasaan Diri Berbasis Multikultural. J-Mpi, 5(2), 147–159. https://doi.org/10.18860/jmpi.v5i2.10638
Zakky. (2020). Pengertian Observasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum. Www.Zonareferensi.Com.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License Term
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.