Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mendisiplinkan Anak Autis oleh Tutor di Sekolah Kak Seto Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.16303Keywords:
Character Education, Discipline, Autism, Inclusive School, Pendidikan Karakter, Disiplin, Autisme, Sekolah InklusiAbstract
Abstract: This study explores the implementation of character education in developing discipline among autistic children at Sekolah Kak Seto Pekanbaru. The primary focus is on the role of tutors in applying character values through approaches tailored to each child's individual condition. The research employs a descriptive qualitative approach using observation, interviews, and documentation. Informants were selected using purposive sampling, consisting of two key participants: a tutor and a shadow teacher who directly assist autistic students. The results indicate that character education is implemented through habitual strategies such as arriving on time, obeying school rules, completing assignments on schedule, and using appropriate language. Tutors adopt methods such as modeling, routine-building, positive reinforcement, and individualized strategies. Although challenges such as communication barriers and varying student abilities were encountered, character education proved effective in fostering discipline when applied consistently and with empathy.
Abstrak: Penelitian ini mengkaji implementasi pendidikan karakter dalam membentuk kedisiplinan anak autis di Sekolah Kak Seto Pekanbaru. Fokus utama terletak pada peran tutor dalam menerapkan nilai-nilai karakter melalui pendekatan yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing anak.. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 informan inti yaitu tutor dan shadow teacher yang secara langsung membimbing anak autis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter diterapkan melalui strategi pembiasaan seperti datang tepat waktu, patuh terhadap tata tertib, mengumpulkan tugas tepat waktu, dan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Tutor menggunakan pendekatan keteladanan, rutinitas, penguatan positif, serta penyesuaian individual. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan komunikasi dan perbedaan kemampuan siswa, pendidikan karakter terbukti efektif dalam membentuk kedisiplinan apabila dilakukan secara konsisten dan empatik.
References
Chan, F., Kurniawan, A. R., Melinda, L. G., Priantini, R., Zubaedah, Z., Suharti, S. R., & Khodijah, S. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Di Sd Negeri 187/1 Teratai. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 137-145.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage Publications.
Dheasabel, G., Azinar, M., Biostatistika, E., Ilmu, J., & Masyarakat, K. (2017). Faktor Risiko Kejadian Autisme. HIGEIA journal of public Health Aedes aegypti, 1(2), 331 -341
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 40-52.
Marietta, A. D. (2021). Meningkatkan karakter peduli lingkungan melalui kegiatan berkebun pada anak kelompok b ra perwanida 4 jakabaring palembang. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 52.
Muryanti, & Wulandari, C. (2017). Globalization and education: Stress and sojourner—International students’ experience. In SELSA 2017 Official Proceedings (No. 9). Kokusai Hotel, Hiroshima, Japan. ISSN: 2189-2261.
Muryanti, Mahdum, & Nababan, M. (2014). An analysis on CALP in report text for second grade senior high school. Journal of Social Science Research, 5(2), 953–958.
Patmawati, S. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Di SD Negeri No. 13/1 Muara Bulian. Pendidikan, 1(13), 1–16.
Putra, H. M. (2020). Perilaku kedisiplinan siswa dilihat dari etika belajar di dalam kelas. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1).
Uge, S., Arisanti, W. O. L., & Hikmawati, H. (2022). Upaya Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 460-476.
Waruwu, F. (2024). PERAN Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Sikap Positif Terhadap Belajar Anak di Sekolah. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11002-11008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License Term
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.