Efektivitas Taman Bacaan Masyarakat dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Warga Belajar di PKBM Kak Seto Pekanbaru

Authors

  • Heny Indriyani Universitas Riau, Indonesia
  • Daeng Ayub Universitas Riau, Indonesia
  • Viony Syafitra Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.16306

Keywords:

Effectiveness, Community Reading Park,Learning Motivation , Efektivitas, Taman Bacaan Masyarakat,Motivasi Belajar

Abstract

Abstract: This study aims to determine and describe the effectiveness of Community Reading Parks (TBM) in increasing the learning motivation of students at PKBM Kak Seto Pekanbaru. This study uses a qualitative descriptive method to understand the phenomena that occur in the field. The results of the study indicate that the TBM Hi PKBM Kak Seto Pekanbaru Program is running well. With interactive and innovative learning methods. this program has succeeded in improving literacy and numeracy skills, as well as the self-confidence of students. Despite facing challenges such as limited resources and diverse abilities of participants, this program remains effective and has a positive impact on the quality of life of students. Key factors for the success of this program include routine supervision, resources that are utilized effectively, and active participation of students.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dalam meningkatkan motivasi belajar warga belajar di PKBM Kak Seto Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memahami fenomena yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program TBM di PKBM Kak Seto Pekanbaru berjalan dengan baik. Dengan metode pembelajaran yang interaktif dan inovatif, program ini telah berhasil meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi, serta kepercayaan diri warga belajar. Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan keberagaman kemampuan peserta, program ini tetap efektif dan memberikan dampak positif pada kualitas hidup warga belajar. Faktor kunci keberhasilan program ini meliputi pengawasan rutin, sumber daya yang dimanfaatkan secara efektif, serta partisipasi aktif warga belajar.

References

Basri, H. (2013). Pendidikan dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit XYZ, 111-115

Engkoswara (2021) Tentang definisi dan konsep perencanaan program

Hayati, N., & Suryono, Y. (2021, dikutip dalam laporan TBM 2023). Evaluasi Program TBM di Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2),135–146.

Kemendikbud. (2021). Pedoman Pelaksanaan Workshop Penguatan TBM di SKB. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat

Puspita, A. S., & Ati, S. (2021). Pengaruh layanan taman bacaan masyarakat Warung Pasinaon terhadap pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat di Desa Bergas Lor. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(1), 1–12.

Rahmawati, D., & Santoso, B. (2022). Pengaruh Pengalaman Belajar di Taman Bacaan Masyarakat terhadap Motivasi Literasi. Jurnal Pendidikan Nonformal, 4(2), 98-109.

Sudirman (2018:10) dalam jurnal "Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0" (Jurnal Pendidikan dan Teknologi, Vol. 7, No. 2),1-10

YBKB. (2021). Peran Taman Bacaan dalam Meningkatkan Literasi Masyarakat.

Downloads

Published

2025-09-15

How to Cite

Indriyani, H., Ayub, D., & Syafitra, V. (2025). Efektivitas Taman Bacaan Masyarakat dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Warga Belajar di PKBM Kak Seto Pekanbaru. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 11(2), 520–530. https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.16306

Issue

Section

Articles

Citation Check