Peranan Guru Taman Pendidikan AL-Qur’an (TPA) Baitul Huda Dalam Pembinaan Akhlak Anak di Kota Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.16353Keywords:
The Role Of Teachers, Morals, Role Models, TPA., Peran Guru, Akhlak, Keteladanan, TPA.Abstract
Abstract: This study aims to determine, describe, and analyze the role of teachers in fostering children's morals at the Al-Qur'an Education Park (TPA) Baitul Huda Pekanbaru. This study uses a qualitative approach with a case study method, which was conducted on Jalan Garuda Sakti Km 3, Pekanbaru, involving four informants as research subjects. Data collection techniques include direct observation, in-depth interviews, and documentation. Data analysis is carried out through the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study indicate that the role of teachers at TPA Baitul Huda is very important in fostering children's morals. Teachers not only act as educators, but also as role models imitated by children. The teacher's exemplary behavior is reflected in polite attitudes, neat dress, good speech, and the habit of saying hello and maintaining environmental cleanliness. Teachers also actively accustom children to good morals through methods of habituation, supervision, and providing educational advice.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis peran guru dalam pembinaan akhlak anak di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Baitul Huda Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang dilakukan di Jalan Garuda Sakti Km 3, Pekanbaru, dengan melibatkan empat informan sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data mencakup observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru di TPA Baitul Huda sangat penting dalam membina akhlak anak. Guru tidak hanya berperan sebagai pendidik, tetapi juga sebagai teladan yang ditiru oleh anak-anak. Keteladanan guru tercermin dalam sikap sopan, cara berpakaian yang rapi, bertutur kata yang baik, serta kebiasaan mengucapkan salam dan menjaga kebersihan lingkungan. Guru juga secara aktif membiasakan anak-anak untuk berakhlakul karimah melalui metode pembiasaan, pengawasan, dan pemberian nasihat yang bersifat mendidik.
References
Annisa, Nur fitria swastiningsih (2015). Dukungan sosial dan dampak yang dirasakan oleh ibu menyusui dari suami. Jurnal fakultas psikologi, 3(1), 16-22).
Asep, H. (2018). Hubungan antara kepuasan kerja dan motivasi kerja guru honorer SMA Negeri di kecamatan tambun selatan. Universitas Bhayangkara.
Hasan Mukmin (2014:62) Peranan Guru Dalam Membina Akhlak Siswa Madrasah Diniyah Manbaul Ulum 1 Sidoharjo Guntur Demak. (Doctoral Dissertion,Universitas Islam Negeri Walisongo).
Imam Tabroni, Annisa Juliani (2022). Peran Orang Tua Dalam Membina Akhlak Anak Pada Masa Pandemi Di RT 64 Gang Mawar IV Purwakerta. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan,1(1),17-22.
Juwi, J (2018). Peran TPQ Dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Baca Al-Qur’an Pada Anak Di TPQ Ar-Rahman Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu, (Doctoral Dissertion, Institut Agama Islam (IAIN) Bengkulu).
Moleong (2009: 6). Penerapan Nilai-Nilai Moral Pada Santri TPQ Al-Khumaier Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini,1(1),70-72.
Selly, S (2012)). Pembinaan akhlak mulia pada sekolah dasar. Jurnal terbawa, 1(3), 195.
Taufiqur Rahman (2019:8). Peran Guru Dalam Pembinaan Akhlak Santri TPA Nurul Jannah Desa Candimas Natar Lampung Selatan. (Doctoral Dissertion, Institut Agama Islam (IAIN) Metro).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License Term
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.