Penerapan Media Audio Visual oleh Pendidik dalam Pembelajaran di KB FKIP UNRI

Authors

  • Rahmiwati Universitas Riau, Indonesia
  • M. Jaya Adi Putra Universitas Riau, Indonesia
  • Muryanti Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.16406

Keywords:

Audio-Visual Media, Learning, Early Childhood, Educators, KB FKIP UNRI., Media Audio Visual, Pembelajaran, Anak Usia Dini, Pendidik, KB FKIP UNRI

Abstract

Abstract: This study aims to describe the implementation of audio-visual media by educators in the learning process at the Play Group (Kelompok Bermain/KB) of the Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Riau (FKIP UNRI). The background of this research is the importance of using varied and engaging learning media to stimulate the development of early childhood, especially in today's digital era. This research employed a qualitative method with a descriptive approach. Data collection techniques included observation, interviews, and documentation. The research subjects were educators teaching at KB FKIP UNRI. The results showed that educators used audio-visual media as a supporting tool to increase children's interest and concentration in learning. The media used included educational videos, children's songs, and illustrated animations. The implementation process was carried out through group viewing activities interspersed with simple discussions and hands-on practices. Supporting factors in the use of audio-visual media included the availability of equipment, institutional support, and students’ enthusiasm. Meanwhile, obstacles faced included limited time, technical issues, and dependence on electricity. Overall, the use of audio-visual media had a positive impact on creating enjoyable and interactive learning experiences for early childhood students.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media audio visual oleh pendidik dalam proses pembelajaran di Kelompok Bermain (KB) FKIP Universitas Riau (UNRI). Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penggunaan media pembelajaran yang variatif dan menarik dalam menstimulasi perkembangan anak usia dini, terutama dalam era digital saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah pendidik yang mengajar di KB FKIP UNRI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual digunakan pendidik sebagai alat bantu untuk meningkatkan minat dan fokus anak dalam pembelajaran. Media yang digunakan antara lain video edukatif, lagu anak, dan animasi bergambar. Proses penerapannya dilakukan melalui kegiatan menonton bersama yang diselingi diskusi sederhana dan praktik langsung. Faktor pendukung penerapan media audio visual meliputi ketersediaan alat, dukungan dari lembaga, serta antusiasme peserta didik. Sementara itu, hambatan yang dihadapi antara lain keterbatasan waktu, gangguan teknis, dan ketergantungan terhadap jaringan listrik. Secara keseluruhan, penerapan media audio visual memberikan dampak positif dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif bagi anak usia dini.

References

Daryanto dan Saiful, K. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media

Daud, A., Fahda Aulia, A., Muryanti, Harfal, Z., Nabilla, O., & Salsabila Ali, H. (2025). Integrating Artificial Intelligence Into English Language Teaching: A Systematic Review. European Journal of Educational Research, 14(2), 677–691

Dio Ismi, A., Prasetiyawati Diyah Hariyanti, D., Hariyanti, D., & Khasanah, I. (2021). Penggunaan “Ice Breaking” Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Wawasan Pendidikan, 1(2), 197–203.

Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62.

Fransiska Maulidia Putri, N., & Salim, A. (2025). Strategi Penerapan Pembelajaran Audiovisual untuk Mengembangkan Minat Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Gotong Royong Krampon. Jurnal Simki Pedagogia, 8(1), 20–32.

Halawati, F. (2021). Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Audio Visual pada Masa Pandemi Covid-19 Firda Halawati. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 254–261.

Herawati, I., & Rahmansyah, S. (2023). Penerapan Media Audio Visual untuk Memudahkan Pembelajaran Anak Usia Dini. PERNIK Jurnal PAUD, 6(2), 83–87.

Hurlock. (2002). Psikologi Perkembangan (edisi ke lima). Jakarta: Erlangga.

Julius Juih, L., Yetti, E., & Dhieni, N. (2021). Early Childhood Education: Contextual Thematic Teaching Materials Based on Classroom Activities. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 181–200.

Lacey, A., & Luff, D. (2001). Qualitative data analysis. UK: Trent Focus Group

Miftahul Jannah, M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210.

Natalia, Puspa Ardini, P., & Novita Arifin, I. (2024). Pengembangan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B TK Damhil. Journal of Early Childhood Education, 05(01), 33–44.

Novriyanti, Y., & Nurhafizah, N. (2019). Etika Profesi Guru PAUD Profesional dalam Mewujudkan Pembelajaran Bermutu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 676–684.

Nurhasanah. (2019). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kelompok Bermain.

Rahmatullah, Inanna, & Tenri Ampa, A. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Sugiyono. 2022. Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan media pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Mandiri.

Susanto, H., & Akmal. (2019). Media Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Deepublish.

Zahara Nurani, R., Nugraha, F., & Syahril Sidik, G. (2018). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menyimak Dongeng di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 78–84.

Downloads

Published

2025-09-17

How to Cite

Rahmiwati, Putra, M. J. A., & Muryanti. (2025). Penerapan Media Audio Visual oleh Pendidik dalam Pembelajaran di KB FKIP UNRI. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 11(2), 566–574. https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.16406

Issue

Section

Articles

Citation Check