Kinerja Pengelola Perpustakaan Desa Gemar Membaca Dalam Mendorong Minat Baca Masyarakat Desa Sibuak Kabupaten Kampar
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.16438Keywords:
Library Management, Reading Interest, Community Literacy , Pengelolaan Perpustakaan, Minat Baca, Literasi MasyarakatAbstract
Abstract: This study explores the performance of library managers in enhancing reading interest among the community in Sibuak Village, Tapung District, Kampar Regency. Using a qualitative descriptive approach, the data were gathered through interviews, observations, and documentation. The results showed that the library managers played a crucial role as educators, managers, administrators, and supervisors. These roles contributed positively to the increase in reading interest among villagers, although several challenges such as limited time availability and operational hours were noted. The study concludes that optimal managerial performance is key to strengthening community literacy through rural libraries.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kinerja pengelola perpustakaan dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Desa Sibuak, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pengelola perpustakaan sebagai pendidik, manajer, administrator, dan pengawas sangat berpengaruh dalam menumbuhkan minat baca masyarakat. Namun demikian, ditemukan kendala seperti waktu operasional yang terbatas dan kurangnya waktu luang masyarakat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja pengelola yang optimal menjadi kunci dalam meningkatkan literasi masyarakat melalui perpustakaan desa.
References
Aminah, R. S. (2020). Gaya komunikasi pemimpin perempuan dalam menyampaikan pesan pembangunan. Media Bahasa, Sastra, dan Budaya Wahana, 26(2), 459-464
Badu, Syamsu Q. dan Djafri. (2017). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Gorontalo: Ideas Publishing
Daeng, A. N. (2017). Kontribusi Akuntabilitas Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Penerapan Nilai Kewirausahaan di SMA Negeri Tambang, Kabupaten Kampar, Pekanbaru: Pascasarjana Universitas Riau.
Dawam, A., Ta‟arifin, A., & Durori, K. (2004). Manajemen madrasah berbasis pesantren. Lista Fariska Putra.
DeVito, J. A. (2013). Interpersonal communication book, The, 13/E. New York, NY: United.
Erni Rernawan. (2011). Organization culture, budaya organisasi dalam perspektif ekonomi dan bisnis, Bandung: Alfabeta.
Fitriani, r. Y.(2015) pengaruh komunikasi interpersonal dan gaya kepemimpinan terhadap efektivitas kerja pegawai pada kantor kepala desa caturharjo kecamatan sleman
Greenberg, J., & Baron, R. A. (2003). Perilaku dalam Organisasi (Edisi kedelapan). (Alih bahasa: R. Andika). Jakarta: PT Indeks.
Luthans, F. (2011). Perilaku Organisasi (Edisi ke-12). (Alih bahasa: Vivin Andhika Yuwono). Yogyakarta: ANDI.
Prasanti, D., & Indriani, S. S. (2018). Gaya Komunikasi dalam Bingkai Kepemimpinan Bagi Figur Perempuan. Jurnal Nomosleca, 4(1).
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational Behavior 17th Global Edition. Lego, Italy: Pearson.
Saphiere, D. P. (2005). Communication Styles: A Self-Assessment Exercise. Washington, DC: International Training & Consulting.
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CV. Alfabeta
Syafitra, V., Natuna, D. A., Muryanti, M., Arien, W., & Oktary, D. (2023). Pengaruh budaya organisasi dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru di SMP Cendana Riau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2364-2370.
Tubbs, S. L., & Moss, S. (2008). Komunikasi dalam Kehidupan Modern (Edisi ke-11). (Alih bahasa: A. Fajar). Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License Term
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.