Implementasi Penggunaan Simpenqu Sebagai Web Administrasi Guru Online di SMP Qurani Al-Bahjah
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.16513Keywords:
Learning, Save,Efficiency, Digitalization, Superpower, Pembelajaran, Simpenqu, Efisiensi, Digitalisasi, AdiwiyataAbstract
Abstract: This study aims to analyze the implementation of the use of Simpenqu, a web-based application developed internally by SMP Islam Qurani Al-Bahjah, on the effectiveness of teacher learning administration. This application includes various features such as daily journals, student attendance recording, preparation of report cards, and management of teaching modules. The results showed that the use of Simpenqu provide a significant positive impact in improving the work efficiency of teachers and encourage the involvement of parents in the educational process. In addition, this application also supports Adiwiyata program by reducing the use of paper. However, there are technical constraints such as system disruptions and infrastructure limitations that still need to be addressed. This study uses a descriptive qualitative approach with data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi penggunaan Simpenqu, sebuah aplikasi berbasis web yang dikembangkan secara internal oleh SMP Islam Qurani Al-Bahjah, terhadap efektivitas administrasi pembelajaran guru. Aplikasi ini mencakup berbagai fitur seperti jurnal harian, pencatatan kehadiran siswa, penyusunan rapor, serta pengelolaan modul ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Simpenqu memberikan dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan efisiensi kerja guru serta mendorong keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung program Adiwiyata dengan mengurangi penggunaan kertas. Namun, terdapat kendala teknis seperti gangguan sistem dan keterbatasan infrastruktur yang masih perlu dibenahi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
References
Afriantoni, Rahmadani, A., Puspita, D., & Ardinata, P. S. (2025). Peran Teknologi dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 4(2), 434–444. https://doi.org/p-ISSN: 2963-7856| e-ISSN: 2961-9890 & https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.446
Astuti, F. (2015). Implementasi Program Adiwiyata dalam Pengelolaan Lingkungan Sekolah dan Tingkat Partisipasi Warga Sekolah di SMP Kabupaten Wonosobo Tahun 2015. Journal Edu Geography.
Chaerany, C. (2024). Literature Review Pengaruh Kelengkapan Administrasi Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah. Journal Education and Goverment Wiyata.
Fauziah, L., Firmansyah, A., & Ahmad Aguswin. (2024). Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. Studi Kasus : SMPI Al-Hudri Walibrah. Remik : Riset dan E-jurnal Manajemen Informatika Komputer.
Miles, M. B., & A. Michael Huberman. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed). In Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Nopiyanti, Rizky, H., & Husin, A. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak pada Kelompok Bermain. Journal Of Nonformal Education and Community Empowerment.
Novel, S., Merentek, A., & Risal M. (2024). Implementasi Program Peningkatan Kompetensi Guru Menuju Era Digitalisasi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.
Novienty, lolita dewi, & Prapanca, A. (2016). Sistem Informasi Manajemen Sekolah Berbasis Web (Studi Kasus Sma Al Karimi Tebuwung). Jurnal Manajemen Informatika, 5(2), 83–92.
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086.
SUTARSIH, W., HARYATI, T., & WIYONO, N. (2024). Peran Digitalisasi Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 136–143. https://doi.org/10.51878/learning.v4i1.2810
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. In San Fransisco: Jossey-Bass.
Wibowo. (2013). Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Peradaban. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License Term
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.