Dampak Lingkungan Teman Sebaya Pada Kasus Anak Putus Sekolah di Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru

Authors

  • Theresia Natalie Universitas Riau, Indonesia
  • M. Jaya Adi Putra Universitas Riau, Indonesia
  • Viony Syafitra Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.16556

Keywords:

Peer Environment, School Dropout, Social Learning, Adolescent Behavior, Lingkungan Teman Sebaya, Anak Putus Sekolah, Pembelajaran Sosial, Perilaku Remaja

Abstract

Abstract: This study explores the influence of peer environments on school dropout cases among children in Kecamatan Sail, Pekanbaru. Using a qualitative case study approach, data were collected through interviews, observations, and document analysis. The findings reveal that peer interaction, role and decision-making, as well as values and norms promoted within the peer group, significantly impact students' decisions to leave school. The peer environment that discourages education tends to lead children to mimic negative behaviors, ultimately resulting in school dropout. This study highlights the urgent need for community-based interventions to cultivate positive peer environments that support education.

Abstrak: Penelitian ini mengkaji pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap kasus anak putus sekolah di Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru. Menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial, peran dan pengambilan keputusan, serta nilai dan norma yang dikembangkan dalam kelompok teman sebaya memiliki dampak signifikan terhadap keputusan anak untuk berhenti sekolah. Lingkungan pertemanan yang tidak mendukung pendidikan cenderung mendorong anak mengikuti perilaku negatif. Temuan ini menegaskan pentingnya intervensi berbasis komunitas untuk membentuk lingkungan teman sebaya yang positif.

References

Bandura, A. L. B. E. R. T., & Doll, E. B. (2005). Teori Belajar Sosial. Buku Perkuliahan, 101.

Cahyani, I. C., Harjanto, A., & Murni, S. (2023). Upaya guru BK dalam menangani siswa yang memiliki konsep diri negatif melalui teknik rational emotif theraphy pada siswa kelas X SMK swadhipa natar lampung selatan tahun pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Konseling (JIMBK), 5(2), 335-346.

Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34-46.

FINI, I. N. (2024). Pengaruh interaksi teman sebaya di sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mapel pendidikan agama islam di SMP Negeri 2 Jati Agung Lampung Selatan (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Hakim, L., & Mustafa, P. S. (2023). Perkembangan peserta didik dalam pembelajaran. Mataram: CV. Pustaka Egaliter.

Indriani, W. (2024). Peran United Nations Children’s Fund (Unicef) dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di Papua Tahun 2020-2021. Jurnal Sosial-Politika, 5(2), 51-62.

Jamir, A. F., & Layuk, M. S. (2022). Teman Sebaya dan Persepsi Remaja Pedesaan tentang Pernikahan Dini terhadap Putus Sekolah akibat Kehamilan Pranikah. Jurnal Kesehatan Perintis, 9(2), 125-130.

Jannah, K. J. (2023). Karakteristik Teman Menurut Syaikh Al Zarnuji dalam Kitab Ta'lim Muta'allim dan Relevansinya dengan Perkembangan Sosial Remaja (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Kusumawati, R., Abbas, N., & Azizah, A. (2024). Peran Keluarga dan Teman Sebaya Dalam Membentuk Identitas Sosial. JSPH: Jurnal Sosial Politik Humaniora, 1(1), 24-32.

Monika, N., Achmad, S. S., & Ayub, D. (2022). Disiplin Belajar Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Panam Mulia Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(2), 114-121.

Mustanir, A., Yasin, A., Irwan, I., & Rusdi, M. (2019). Potret Irisan Bumi Desa Tonrong Rijang Dalam Transect Pada Perencanaan Pembangunan Partisipatif. MODERAT: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 4(4), 1-14.

Pongpalilu, F., Hamsiah, A., Raharjo, R., Sabur, F., Nurlela, L., Hakim, L., ... & Tresnawati, S. (2023). Perkembangan Pesera Didik: Teori & Konsep Perkembangan Peserta Didik Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Rahmawati, H. B. (2024). Peran Teman Sebaya Dalam Perkembangan Afektif Siswa Kelas VII A SMPN 1 Sekampung Udik (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(2), 337-343.

Suryana, S. (2020). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan. Edukasi, 14(1).

Tefa, A. P. (2023). Analisis Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah di Desa Oinlasi Kecamatan Mollo Selatan Kabupaten Timor Tengah Selatan. PENSOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 1(1), 47-56.

Downloads

Published

2025-09-15

How to Cite

Natalie, T., Putra, M. J. A., & Syafitra, V. (2025). Dampak Lingkungan Teman Sebaya Pada Kasus Anak Putus Sekolah di Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru . Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 11(2), 358–364. https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.16556

Issue

Section

Articles

Citation Check