Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtni.v11i1.16693Abstract
Abstract: One of the causes of students' low arithmetic ability is the use of less varied and non-contextual learning models. Many teachers still use lecture methods or conventional approaches that make students tend to be passive and less actively involved in the learning process. Therefore, a learning model is needed that can enhance students' active participation and encourage them to share knowledge and understanding in a pleasant learning atmosphere. The purpose of this study is to determine the effect of using the Take and Give learning model to improve students' arithmetic skills at Hadi Sakti Baretais Elementary School. This study's design uses a One-Group Pretest Posttest Design. Data analysis uses the t-test, then the results of thitung will be compared with ttabel. Based on the data analysis results, it shows that thitung < ttabel, namely 0.039 < 0.05, which means, the use of the Take and Give model can improve students' counting skills.
Key Words:Â Learning Model, Take and Give, Counting Ability.
Abstrak: Salah satu penyebab rendahnya kemampuan berhitung siswa adalah karena penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif dan tidak kontekstual. Banyak guru masih menggunakan metode ceramah atau pendekatan konvensional yang membuat siswa cenderung pasif dan kurang terlibat secara aktif dalam proses belajar. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa serta mendorong mereka untuk saling berbagi pengetahuan dan pemahaman dalam suasana belajar yang menyenangkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Take and Give dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa di SD Hadi Sakti Baretais. Desain dalam penelitian ini menggunakan model One-Group Pretest Postest Desain. Analisis data menggunakan uji t, kemudian akan dibandingkan hasil thitung dengan ttabel. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa yaitu thitung < ttabel yaitu 0,039 < 0,05 artinya, penggunaan model Take and Give dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa.
Kata Kunci:Â Model Pembelajaran, Take and Give, Kemampuan Berhitung.
References
Anjani, Z.N.R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika Vol 7
Anggraini, L. N., Isrokatun, I., & Aeni, A. N. (2023). Development of Grubi Mathematics Module to Improve the Ability to Calculate the Addition and Subtraction of Small Numbers in Grade 2 Elementary Students. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1).
Atmojo, A. T. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Konkret Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Peserta Didik Kelas II SDN Peterongan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru.
Esah. (2017). Model Pembelajaran Take and Give Berbantuan Media Power Point dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas V SDN 74 Kota Pagaralam. Jurnal An-nizom | vol. 2, no. 1, april 2017.
Hartami, P dkk, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Pada Materi Minyak Bumi di Kelas X MAN Sabang. (Banda Aceh: UIN Ar-Raniry, 2014), 171.
Ikhsanu, dkk. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa SD Menggunakan Metode Jarimatika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Volume 5.
Mandagi, M. dkk. (2020). Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Tinggi. Yogyakarta: Deepublish.
Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Siswono, T, Y, E. (2008). Mengajar dan Meneliti Panduan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru dan Calon Guru. Surabaya: Unesa University Press
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Zainudin, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Take and Give Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di MI Ar-Rahim Arjasa EDUCARE: Journal of Primary Education Vol 2, No 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License Term
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.