Analisis Implementasi Program Pendidikan dan Pelatihan Tanggap Bencana pada Lembaga Korp Pelajar Putri Kabupaten Pasuruan: Pendekatan Studi Kasus
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.17419Keywords:
Training, Disaster Response, Preparedness, Non-Formal Education, KPP Pasuruan., Pelatihan, Tanggap Bencana, Kesiapsiagaan, Pendidikan Non Formal, KPP Pasuruan.Abstract
Abstract: Pasuruan Regency has a significant level of disaster vulnerability, particularly related to hydrometeorological events such as tornadoes, landslides, and floods. The purpose of this study was to evaluate the disaster response education and training program of the Pasuruan Regency Female Student Corps (KPP) and identify factors that contribute to and reduce its effectiveness. This study employed a case study design and a qualitative approach. In-depth interviews, documentation, and observation were among the methods used to collect data. Although the training program has not been optimally implemented, research findings indicate that it has had a positive impact on participants' knowledge and preparedness. Several challenges identified include a lack of a comprehensive needs analysis, a lack of facilities and qualified trainers, and training techniques that do not adequately consider participants' age and background. In summary, although the training program was deemed highly effective, its planning, implementation, and assessment still need improvement. For the program to reach all participants equitably and sustainably, a more inclusive and participatory training approach is needed.
Abstrak: Kabupaten Pasuruan memiliki tingkat kerentanan bencana yang signifikan, terutama terkait dengan peristiwa hidrometeorologi seperti tornado, tanah longsor, dan banjir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program pendidikan dan pelatihan tanggap bencana Korps Pelajar Putri (KPP) Kabupaten Pasuruan dan mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi dan mengurangi efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus dan pendekatan kualitatif. Wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi merupakan beberapa metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Meskipun program pelatihan belum berjalan optimal, temuan penelitian menunjukkan bahwa program tersebut memberikan dampak yang baik terhadap pengetahuan dan kesiapan peserta. Beberapa tantangan yang ditemukan antara lain kurangnya analisis kebutuhan yang menyeluruh, kurangnya fasilitas dan pelatih yang berkualifikasi, serta teknik pelatihan yang tidak mempertimbangkan usia dan latar belakang peserta secara memadai. Singkatnya, meskipun program pelatihan dinilai sangat efektif, perencanaan, pelaksanaan, dan penilaiannya masih perlu ditingkatkan. Agar program dapat menjangkau semua peserta secara merata dan berkelanjutan, diperlukan pendekatan pelatihan yang lebih inklusif dan partisipatif.
References
Azizah, Irawati, dan widodo -. 2021. “IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ANDRAGOGI TERHADAP PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN LEMBAGA KORP PELAJAR PUTRI (L-KPP) PASURUAN.” J+PLUS UNESA 10 (1): 197–208.
Basri, Hasan, dan Rusdiana. 2015. Menejemen Pendidikan dan Pelatihan.
Darmawan, Dadan, Indra Sudrajat, M Kahfi Zaeni Maulana, dan Budi Febriyanto. 2021. Perencanaan Pengumpulan Data sebagai Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Lembaga Pelatihan. 5.
Darmiany. 2010. PENERAPAN PEMBELAJARAN EKSPERIENSIAL DALAM MENGEMBANGKAN SELF-REGULATED LEARNING.
“Geoportal Data Bencana Indonesia.” 2025. https://gis.bnpb.go.id/.
Gufron, Zaki, dan Thoif Nizar. 2017. Modul Diklat CBP KPP.
Ilhami, Muhammad Wahyu, Wiyanda Vera Nurfajriani, Arivan Mahendra, Rusdy Abdullah Sirodj, dan M Win Afgani. 2024. Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif. Mei 12. https://doi.org/10.5281/ZENODO.11180129.
Iqra, Iqra, dan Rusna Tahir. 2022. “PELATIHAN TANGGAP BENCANA BERBASIS MODUL DAN SIMULASI TERHADAP PENGETAHUAN KESIAPSIAGAAN BENCANA.” Jurnal Kesehatan Manarang 8 (2): 82. https://doi.org/10.33490/jkm.v8i2.655.
Kurniawan, Dr Bayu, S Kom, Drs Kosasih, dan Suria Almasyah Putra. 2023. Manajemen Sumber Daya Manusia.
Latifah, Nur, dan Asep Supena. 2021. “Analisis Attention Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Basicedu 5 (3): 1175–82. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.887.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, dan Johnny Saldana. 2013. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.
Palm, Meredith. 2023. Vygotsky’s Sociocultural Theory. https://openbooks.library.baylor.edu/lifespanhumandevelopment/chapter/chapter-9-3-vygotskys-sociocultural-theory/.
Pemerintah Kabupaten Pasuruan. 2020. “Hampir Setahun, 35 Bencana Terjadi di Kabupaten Pasuruan.” https://www.pasuruankab.go.id/isiberita/hampir-setahun-35-bencana-terjadi-di-kabupaten-pasuruan-.
Rahmi Fadiah Nasution, Evi Bunga Lestari, dan Usiono Usiono. 2024. “Peran Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana dalam Meningkatkan Kesadaran pada Remaja.” Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia 3 (1): 119–28. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i1.3491.
Septikasari, Zela, Heri Retnowati, dan Insih Wilujeng. 2022. “Pendidikan Pencegahan Dan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Sebagai Strategi Ketahanan Sekolah Dasar Dalam Penanggulangan Bencana.” Jurnal Ketahanan Nasional 28 (1): 120. https://doi.org/10.22146/jkn.74412.
Yahya, Aliya Izet Begovic, Syahfitri Purnama, dan Supeno Supeno. 2023. “Eksplorasi Prinsip Andragogi dalam Pendidikan Orang Dewasa: Sebuah Studi Kualitatif pada Pendidikan Formal dan Non-Formal di STIP Jakarta.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 5 (1): 136–52. https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.505.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License Term
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.