Hubungan Manajemen Pelatihan Membatik Dengan Minat Wirausaha Peserta Didik Paket C di PKBM Annisa Kabupaten Banyuwangi

Authors

  • Samidi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Ketut Atmaja Johny Artha Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Widodo Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.17534

Keywords:

Training Management, Batik, Entrepreneurial Interest, Package C Students, PKBM Annisa., Manajemen Pelatihan, Membatik, Minat Wirausaha, Peserta Didik Paket C, PKBM Annisa

Abstract

Abstract: Abstract This study aims to examine the relationship between batik training management and entrepreneurial interest of Package C students at PKBM Annisa, Banyuwangi Regency. The study used a quantitative descriptive correlational method with a saturated sample of 31 students who participated in batik training. Data were collected through a questionnaire with a Likert Scale which was processed using validity and reliability tests, as well as product moment correlation analysis with the help of SPSS version 25. The results of the study showed a positive and significant relationship between batik training management and students' entrepreneurial interest, which means that good training management can increase students' interest in the field of batik.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara manajemen pelatihan membatik dengan minat wirausaha peserta didik Paket C di PKBM Annisa Kabupaten Banyuwangi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif korelasional dengan sampel jenuh sebanyak 31 peserta didik yang mengikuti pelatihan membatik. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert yang diolah menggunakan uji validitas, reliabilitas, serta analisis korelasi product moment dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara manajemen pelatihan membatik dan minat wirausaha peserta didik, yang berarti manajemen pelatihan yang baik dapat meningkatkan minat wirausaha peserta didik dalam bidang membatik.

References

Dinaloni, D., & Muktiadji, H. (2024). IRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ( IRAJPKM ) Pelatihan Pembuatan Batik Jumput Untuk Menumbuhkan Minat Berwirausaha Siswa Di SMAN 1 Kalitidu Bojonegoro Jumput Batik Making Training to Grow Students ’ Interest in Entrepreneurship at SMAN 1 Kalitidu B. 2(3), 100–106.

Fattaah, A. (2023). Mediasi dalam Perspektif Teori Penegakan Hukum Goldstein. WELFARE STATE Jurnal Hukum, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.56013/welfarestate.v2i1.2061

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariete SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hasan, H. A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik Dan Implikasi Dalam Memandirikan Generasi Muda. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, Volume 11(1), 99–111.

Hidayat, D., Shantini, Y., & Oktiwanti, L. (2020). Strategi Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Partisipasi Untuk Pemberdayaan Warga Belajar Paket C. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(1), 73–88. https://doi.org/10.21009/jiv.1501.8

Johny Artha, I. K. A., Yulianingsih, W., Widodo, & Cahyani, A. D. (2023). Conceptual Training Models in Improving Competence of Community Learning Center Managers. International Journal of Instruction, 16(3), 221–244. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16313a

Letter, C., Pengerjaan, I., & Diri, I. (2019). Skala Likert ( Summated Rating Scale ) Isian Diri Skala Liker : Asumsi Pernyataan Sikap Summated Rating Scale. 1–4.

Maulana Saputra, A., & Ikbal Sultoni, M. (2025). Modeling, Reinforcement, Dan Self-Efficacy Dalam Proses Pembelajaran Dan Penggunaan Bahasa: Sebuah Tinjauan Kuantitatif Deskriptif. Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan, 8(1).

Ojima, D. (2021). Human Capital Investment and Economic Growth in Nigeria: 1989-2019. International Journal of Social Science and Human Research, 04(08), 2016–2022. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v4-i8-08

Rahmi, D. Y., Asniati, A., Rahmadoni, J., & Anwar, K. (2023). Pelatihan Membatik Motif Minangkabau: Sarana Untuk Meningkatkan Minat Wirausaha Masyarakat Di Nagari Kamang Mudiak Kabupaten Agam. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 6(1), 15–22. https://doi.org/10.25077/jhi.v6i1.639

Roesminingsih, M. V., Widyaswari, M., Rosyanafi, R. J., & Zakariyah, F. (2024). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bayfa Cendekia Indonesia.

Rothomi, A. (2023). Relationship Analysis and Concept of Human. Scientific Journal of Education, 1(1), 26–31.

Setyawati, Y., Sugiharto, F. B., Rosyanafi, R. J., Cahyanto, B., Rini, T. A., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh MBKM kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. MOTORIC, 5(2), 311–318.

Siswanto, D. H., Alam, S. R., & Setiawan, A. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pengurus Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMA Muhammadiyah Melati melalui Pelatihan Public Speaking. Jurnal Solusi …, 4(2), 61–66.

Sugiyono. (2021). Sugiyono-Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información.

Tsuraya, V. A., Hidayatullah, L., Triani, D., Nubaidillah, Istiqomah, A. N., & Lusianingrum, F. P. W. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Guna Menumbuhkan Minat Berwirausahaan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2583–2593.

Ucik Rachmawati. (2023). The Peningkatan Kualitas Human Capital Melalui Pembelajaran Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Driyorejo. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 122–132. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i2.1370

Downloads

Published

2025-09-15

How to Cite

Samidi, Ketut Atmaja Johny Artha, & Widodo. (2025). Hubungan Manajemen Pelatihan Membatik Dengan Minat Wirausaha Peserta Didik Paket C di PKBM Annisa Kabupaten Banyuwangi. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 11(2), 486–496. https://doi.org/10.33394/jtni.v11i2.17534

Issue

Section

Articles

Citation Check